Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Ekspansi Lagi, Fast Food Indonesia Siap Buka 20 Gerai Baru KFC di Jawa dan Indonesia Timur

PT Fast Food Indonesia Tbk saat ini mengoperasikan sekitar 750 gerai KFC, tersebar di berbagai kota Tanah Air.

Penulis: Choirul Arifin
zoom-in Ekspansi Lagi, Fast Food Indonesia Siap Buka 20 Gerai Baru KFC di Jawa dan Indonesia Timur
TRIBUNNEWS/CHOIRUL ARIFIN
Eric Leong, Chief Executive Officer (CEO) PT Fast Food Indonesia Tbk. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - PT Fast Food Indonesia Tbk akan kembali melakukan ekspansi bisnis di tahun 2022 dengan membuka puluhan gerai baru Kentucky Fried Chicken (KFC) di sejumlah kota di Indonesia.

Chief Executive Officer (CEO) PT Fast Food Indonesia Tbk Eric Leong mengatakan, total ada 20 gerai baru KFC yang akan dibuka tahun depan dan akan dibuka di kota tier 2.

"Tahun depan kita akan buka 20 gerai baru, rata-rata berada di Jawa dan ke arah timur. Ekspansi ini akan kita lakukan sampai ke Makassar. Umumnya di kota second liner," ungkap Eric Leong menjawab pertanyaan Tribunnews di acara bincang dengan editor media di Outlet KFC Kemang Timur, Rabu (22/12/2021).

Eric menjelaskan, .pihaknya membagi segmentasi gerai KFC dalam empat tipe berbeda menyesuaikan dengan target market yang disasar di setiap kota.

Dia mengatakan, gerai-gerai tersebut akan dibuka berdiri sendiri alias tidak berlokasi di pusat perbelanjaan atau mal.

Total gerai KFC sendiri saat ini mencapai 750-an buah tersebar di berbagai kota Tanah Air. 

Eric menjelaskan, umumnya respon pasar terhadap pembukaan gerai baru KFC di kota-kota lapis kedua sangat bagus. Dia mencontohkan gerainya yang dibuka di Kota Pekalongan, Jawa Tengah.

Eric Leong2
Eric Leong, Chief Executive Officer (CEO) PT Fast Food Indonesia Tbk.
BERITA TERKAIT

Menurut Eric, awalnya KFC membuka store berukuran relatif kecil di kota batik tersebut. Belakangan daya beli masyarakat Pekalongan makin berkembang dan mendorong KFC membuka gerai berikutnya dengan layanan Drive Thru. 

"Orang-orang ternyata banyak yang senang makan di sana. Kita gampang masuk ke daerah karena kita punya 4 konsep toko," ujarnya.

Eric menambahkan, gerai KFC yang beroperasi di luar mal memberi keleluasaan baginya untuk menentukan jam buka.

"Performa busnis kami di mal sangat terbatas. Jam buka sangat terbatas. Pengunjung baru ramai di siang hari atau sore saat orang pulang kerja. Tapi kami masih akan tetap buka (gerai baru) di mal tapi tidak dengan area yang luas," bebernya.

Baca juga: Kisah Kolonel Sanders Bangun Bisnis Hingga Sukses Temukan Resep Rahasia KFC

Eric merupakan CEO baru KFC. Pria berkebangsaan Malaysia ini sudah sangat lama malang melintang di industri food and beverages. 

Sebelum bergabung di PT Fast Food Indonesia Tbk di 2017, Eric Leong pernah bekerja di PT Mitra Adiperkasa Tbk (MAP), salah satu grup perusahaan yang bergerak di bisnis F&B dan lifestyle terbesar di Indonesia.

Eric pertama kali bertemu Ricardo Gelael, owner sekaligus pemegang lisensi eksklusif ayam goreng KFC di Indonesia di tahun 2009.

Baca juga: Grabfood Siapkan Kejutan Rp 2 Miliar di Malam Puncak Makanthon

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas