Tribun Bisnis

MotoGP

Diprediksi Butuh Lebih dari 12.500 Kamar untuk Menampung Wisatawan Saat Gelaran MotoGP Mandalika

Bali memiliki hotel-hotel yang mumpuni untuk menambah ketersediaan kamar. Namun perlu dukungan pemerintah untuk menunjang dari segi transportasi.

Editor: Dewi Agustina
zoom-in Diprediksi Butuh Lebih dari 12.500 Kamar untuk Menampung Wisatawan Saat Gelaran MotoGP Mandalika
DOK. ITDC
SIRKUIT MANDALIKA: Penampakan terbaru Pertamina Mandalika International Street Circuit dengan berbagai fasilias pendukung yang tengah dibangun, Selasa (26/10/2021). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) mengusulkan agar Bali dapat menjadi tempat untuk mengatasi lonjakan wisatawan saat gelaran MotoGP 2022 Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Sekretaris Jenderal PHRI, Maulana Yusran menerangkan kebutuhan kamar untuk wisatawan yang hendak menyaksikan MotoGP cukup besar.

Bahkan, ditengarai akan lebih tinggi dari jumlah kamar hotel yang tersedia di sana.

"Situasi ini kan tidak mudah. Akan tetapi kami berharap pemerintah membuka ruang agar pada saat MotoGP para peserta atau wisatawan juga bisa tinggal di Bali," ujar Maulana saat dihubungi Tribun, Rabu (5/1/2022).

Maulana menjelaskan, jika ditambah Bali maka akomodasi untuk para wisatawan atau peserta MotoGP diyakini akan memadai.

"Paling tidak bisa di Bali kan 1 jam lewat jalur laut," tutur Maulana.

Menurut Maulana, PHRI Nusa Tenggara Barat tengah mempersiapkan soal akomodasi. Namun, tetap ada keterbatasan dengan total kamar di sana.

"Kalau tidak salah sekitar 12.500 kamar. Kebutuhan lebih dari itu. Mandalika sendiri tidak akan tertampung," imbuh Maulana.

Baca juga: Jelang MotoGP Mandalika, Mobil Vaksinasi Jemput Bola ke Wilayah Lombok

Maulana mengatakan, penting agar para wisatawan mancanegara atau para peserta MotoGP 2022 Mandalika mendapat kesan positif, ketika berkunjung ke Indonesia.

Bali, kata Maulana, memiliki hotel-hotel yang mumpuni untuk menambah ketersediaan kamar. Namun, perlu dukungan dari pemerintah untuk menunjang dari segi transportasi dan regulasi.

"NTB bisa dibantu dengan Bali. Karena Bali pasti mumpuni kamar-kamarnya. Tentu harus ada regulasi yang dilonggarkan antara NTB dan Bali. Transportasinya juga laut atau udara," kata Maulana.

Sirkuit Mandalika di Nusa Tenggara Barat bakal menjadi tuan rumah MotoGP dalam waktu dekat, tepatnya pada 18-20 Maret 2022.

Namun, isu akomodasi menjadi satu di antara fokus utama untuk mengantisipasi lonjakan wisatawan.

Siapkan Kabin

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas