Industri Makanan Rambah Dunia Digital, Siapkan Aplikasi Game Kuliner dengan Teknologi AR
Permainan puzzle interaktif ini didukung teknologi augmented reality, sehingga dapat memberikan pengalaman baru bagi siapa saja yang memainkan.
Penulis: Hasiolan Eko P Gultom
Editor: Choirul Arifin
TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kondisi pandemi mendorong banyak perusahaan untuk berinovasi menggunakan teknologi digital dalam pendekatan dan interaksi terhadap pasar.
Strategi itu antara lain dijalankan perusahaan industri makanan PT Sasa Inti (SASA) yang menggaungkan kolaborasi bertajuk SASA in Wonderland Augmented Reality Puzzle.
Kolaborasi ini menggabungkan permainan puzzle tradisional dengan teknologi Augmented Reality hasil kerjasama Sasa dengan Rekat-rekat Puzzle dan Gambir Studio.
Kolaborasi ini juga melibatkan 3 ilustrator lokal ternama yakni, Alfeus Christie (Harousel Studio), Hana Augustine (Hanaqnoi), dan Arief Putra.
Nanda Rahmanu, Head of Digital Marketing PT Sasa Inti menyatakan, lewat kolaborasi ini perusahaannya ingin berbagi kebahagiaan kepada semua kalangan lewat permainan puzzle interaktif yang didukung teknologi augmented reality, sehingga dapat memberikan pengalaman baru bagi siapa saja yang memainkan.
Baca juga: Kolaborasi BCA dan Cisco Indonesia Perkuat Keamanan Layanan Digital Perbankan
Menurutnya, kolaborasi ini juga mengedepankan seniman dan kreator game lokal dalam pembuatannya, ini merupakan bentuk apresiasi terhadap talenta-talenta lokal yang mempunyai kualitas tidak kalah dengan talenta internasional.
Baca juga: Facebook Ganti Nama Menjadi Meta, Bakal Fokus pada Teknologi Virtual Reality & Augmented Reality
"Semoga kolaborasi ini mendorong kreatifitias para talenta muda Indonesia untuk berkarya kedepannya,” imbuh Nanda Rahmanu dalam keterangan persnya, Kamis (6/1/2022).
Nanda menyebutkan, kampanye ini merupakan bentuk kolaborasi antarperusahan maupun individu asli Indonesia, yang ditujukan untuk memberikan inovasi baru yang bernilai kepada masyarakat, serta mendukung kreatifitas anak bangsa yang dipadukan dengan teknologi.
Baca juga: Kolaborasi Indosat dan Snapchat Percepat Penggunaan Augmented Reality
Petualangan SASA in Wonderland Augmented Reality Puzzle dibagi dalam tiga seri,
dimana masing-masing seri akan memperlihatkan karya ilustrasi terbaik dengan gaya dan
karakter visual dari masing-masing ilustrator.
Seperti karya dari Hana Augustine atau yang lebih dikenal sebagai Hanaqnoi, ilustrator lokal yang sudah menerbitkan beberapa buku dan membuat desain karakter untuk beberapa games dan animasi.
Di seri kedua ada ilustrasi karya Arief Putra, yang sudah mendunia lewat karyanya yang khas, adapun Alfeus Christie yang juga dikenal sebagai Harousel akan memberikan warna lain untuk petualangan ini, dengan karya yang kental akan nuansa Anime dan Manga khas Jepang.
Pada setiap serinya puzzle ini akan menceritakan kisah petualangan Satria dan Sabrina mengarungi dunia penuh keajaiban dimana mereka akan memulai perjalanan rasa penuh makna, yang dihidupkan dalam teknologi augmented reality lewat aplikasi Sasa in Wonderland, selain itu pengguna juga bisa meng-akses Sasa Magical Secret Recipe dan juga bisa langsung membeli produk-produk Sasa yang diinginkan.
Dia mengatakan, aplikasi Sasa in Wonderland ini sudah bisa diunduh di Apple Store dan Google Playstore.
"SASA in Wonderland Augmented Reality Puzzle ini merupakan kampanye kolaborasi anak bangsa, yang kita bisa lihat dan buktikan bahwa kreasi lokal juga bisa berkembang dan sudah terbukti karyanya, besar harapan kita kedepannya kampanye kita ini dapat menginspirasi para creator lokal untuk bisa berkarya dan jadi alternatif, hiburan bagi keluarga terutama di masa pandemi seperti sekarang,” kata dia. (*/)