Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Kiat Sukses Bekerja Buat Pemula: Harus Jujur dan Hati-hati Gunakan Media Sosial

Ada hal-hal yang perlu dipersiapkan saat wawancara sehingga harapannya bisa lolos saat perekrutan secara daring maupun offline.

Penulis: Eko Sutriyanto
Editor: Choirul Arifin
zoom-in Kiat Sukses Bekerja Buat Pemula: Harus Jujur dan Hati-hati Gunakan Media Sosial
Ladders
Ilustrasi - Interview perusahaan untuk penerimaan calon karyawan. 

Laporan Wartawan Tribunnew.com, Eko Sutriyanto  

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Setelah kasus virus corona melandai, aktivitas bisnis mulai menggeliat lebih kencang. Sejumlah perusahaan juga mulai merekrut karyawan baru.

Belajar dari pandemi, sejumlah perusahaan memilih melakukan rekrutmen karyawan via online.

Wiwik Wahyuni Chief Human Resources Home Credit mengatakan, saat ini rekrutmen secara kandidat karyawan secara online jadi pilihan namun ada pula yang dilakukan wawancara langsung.

"Berdasarkan pengalaman, kandidat yang direkrut secara daring ataupun offline sama saja dari segi kualitasnya," kata Wiwik kepada Tribunnews.com belum lama ini.

Wiwik menekankan melihat calon karyawan adalah segi kualitas, pengalaman, potensi, apa yang mereka pernah lakukan sehingga ketemu muka maupun secara daring tidak ada bedanya.

Baca juga: Industri FMCG Taklukkan Pandemi Melalui Transformasi Digital dan Penguatan Inovasi

Lalu apa saja yang perlu dipersiapkan saat wawancara sehingga harapannya bisa lolos saat perekrutan secara daring maupun offline?

BERITA TERKAIT

1. Jujur dalam membuat curriculum vitae (CV)

Baik melamar proses melamar kerja baik secara online maupun offline, untuk melamar pekerjaan perlu dipersiapkan curriculum vitae (CV) sebelum nantinya ke proses  interview secara daring.

Baca juga: Mau Melamar Pekerjaan? Simak Tips Cara Membuat CV yang Baik

Dalam proses penulisan CV ini, jangan sekali-sekali berbohong. "Kuncinya harus jujur, tidak perlu berbunga-bunga karena biasanya bisa ketahuan," katanya.

2. Foto Tak Jadi Ukuran 

Secara umum, perekrut yang benar tak jadikan  foto dalam surat lamaran sebagai ukuran sehingga calon karyawan tidak perlu melampirkan pas foto ataupun foto lebay dalam surat lamarannya selama tidak diminta sebagai syarat.

Baca juga: 9 Website Penyedia Template CV Lamaran Kerja Menarik dan Gratis, Ini Cara Membuatnya

Toh, nantinya calon karyawan kalau memang dianggap cocok atau tepat mengisi pekerjaan itu tentunya akan dipanggil untuk proses seleksi lanjutan yakni wawancara, baik secara daring maupun tatap muka langsung.

3. Bicara runtut saat wawancara

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas