Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Hindari Terjebak Macet di Jalan, Pemudik Diminta Jangan Balik Hari Ini, Geser ke Esok Atau Lusa

Pemudik dimuinta menunda perjalanan kembali ke Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek), pada hari ini, Minggu (8/5/2022).

Editor: Choirul Arifin
zoom-in Hindari Terjebak Macet di Jalan, Pemudik Diminta Jangan Balik Hari Ini, Geser ke Esok Atau Lusa
Tribunnews/Muh Rosikhuddin
Kondisi lalu lintas di Jalan Raya Ungaran-Bawen padat merayap Sabtu (7/5/2022) pukul 22.00 WIB. Kendaraan yang tak bisa masuk tol karena one way, membludak memenui jalan arteri. 

Laporan Reporter Tribunnews.com, Naufal Lanten

TRIBUNNEWS.COM, PURWAKARTA - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi meminta masyarakat menunda perjalanan kembali ke Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek), pada hari ini, Minggu (8/5/2022).

Menhub menambahkan, saat ini masih ada sebanyak 46 hingga 47 persen pemudik yang belum kembali.




“Kami berkoordinasi untuk menyiapkan sarana prasaraana tetapi juga tidak henti-hentinya mengimbau masyarakat menunda supaya baliknya besok atau lusa,” kata Menhub saat meninjau puncak arus balik mudik Lebaran 2022 di Pos Terpadu Cikopo, Jalan Raya Cikopo, Cinangka, Bungursari, Purwakarta, Jawa Barat pada Minggu (8/5/2022).

Presiden Joko Widodo, kata dia, sebelumnya sudah meminta masyarakat menghindari perjalanan mudik maupun kembali pada 9 hari masa libur Lebaran.

Dia mengatakan, masyarakat punya kecenderungan mudik pada tiga hari sebelum Lebaran dan kembali pada 6 Mei hingga 8 Mei 2022 ini.

“Hari ini adalah satu pertaruhan kita untuk kita memberikan kebahagiaan kepada masyarakat,” tuturnya.

Baca juga: Arus Balik Lebaran 2022: Menhub Sebut Masih Ada 63 Persen Pemudik Belum Kembali ke Jawa

BERITA TERKAIT

Budi sebelumnya mengatakan saat ini masih ada 46 hingga 47 persen pemudik yang belum kembali ke Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek).

“Saat ini masih ada kurang lebih 46-47 persen yang belum kembali. Dari dua hari yang lalu masih 63 persen, turun lagi menjadi 55 persen menjadi 50 persen,” kata Menhub Budi Karya Sumadi.

Baca juga: Per Hari Ini, 47 Persen Pemudik Belum Kembali ke Kota Asal di Jabodetabek

“Bayangkan kalau itu berlangsung malam ini,” ujarnya menambahkan.

Pihaknya bersama stakeholder terkait selalu berkoordinasi menyiapkan sarana dan prasarana guna melancarkan arus balik mudik Lebaran tahun ini.

Dia mengimbau masyarakat menunda perjalanannya kembali ke kota asal pada hari ini. Menhub meminta agar masyarakat kembali pada esok atau lusa.

Baca juga: Letih di Jalan, Pemudik Manfaatkan Rest Area KM260 Brebes untuk Arena Bermain Anak

“Hari ini hari terakhir libur. Saya datang ke daerah yang paling strugling yang harus kita manage dengan baik,” tuturnya.

Dia mengapresiasi berbagai upaya yang dilakukan Kapolda Jawa Barat dan Kapolri serta Badan Pengawas Jalan Tol (BPJT) menjaga kelancaran arus balik mudik Lebaran ini.

“Saya beruntung memiliki sahabat Pak Suntana Kapolda dan Pak Kapolri yang begitu humble, sehingga luar biasa,” kata dia.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Terkait

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas