Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Wapres: Kita Akan Bangun Komite Daerah Ekonomi dan Keuangan Syariah di Seluruh Provinsi

Wakil Presiden RI KH Maruf Amin mengatakan KNEKS akan membangun kelembagaan hingga di tingkat daerah di Indonesia.

Penulis: Gita Irawan
Editor: Muhammad Zulfikar
zoom-in Wapres: Kita Akan Bangun Komite Daerah Ekonomi dan Keuangan Syariah di Seluruh Provinsi
Tribunnews.com/Gita Irawan
Wakil Presiden RI KH Maruf Amin selaku Ketua Harian Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS) didampingi Menteri Keuangan selaku Sekretaris KNEKS menyampaikan keterangan usai melakukan Rapat Pleno kedua KNEKS di Ruang Mezzanine, Gedung Juanda I, Kementerian Keuangan pada Senin (30/11/2022). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Gita Irawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Wakil Presiden RI KH Maruf Amin selaku Ketua Harian Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS) mengatakan KNEKS akan membangun kelembagaan hingga di tingkat daerah di Indonesia.

Maruf Amin mengatakan hal tersebut akan dilakukan dengan cara membangun Komite Daerah Ekonomi dan Keuangan Syariah di seluruh provinsi.

"Kita akan membangun kelembagaannya sampai ke daerah dengan membangun yaitu Komite Daerah Ekonomi dan Keuangan Syariah di Seluruh Provinsi," kata Maruf usai memimpin Rapat Pleno kedua KNEKS di Ruang Mezzanine, Gedung Juanda I, Kementerian Keuangan pada Senin (30/11/2022).

Baca juga: Survei: Pandemi Covid-19 Berdampak pada Ekonomi dan Kesehatan Lansia

Saat ini, kata dia, komite di tingkat daerah telah terbentuk di beberapa daerah.

Ke depannya, kata dia, komite-komite di daerah tersebut akan terus dikembangkan.

"Yang sudah ada sekarang, itu adalah di Sumatera Barat dan akan tadi juga Riau, kemudian Jawa Barat, kemudian Jawa Timur dan akan terus dikembangkan," kata dia.

BERITA REKOMENDASI

Agenda utama rapat tersebut, kata Maruf, adalah melangkah lebih cepat untuk mewujudkan cita-cita Indonesia menjadi pusat produsen halal dunia.

Cita-cita tersebut, kata dia, di antaranya dicapai dengan membangun berbagai ekosistem,  penguatan master plan, serta penyusunan data ekonomi syariah yang lebih lengkap.

"Kemudian koordinasi dengan semua kementerian dan lembaga yang hadir, hampir lengkap semuanya dan menyampaikan program-programnya yang sekarang sedang disiapkan untuk disatukan untuk dijahit oleh Komite (Nasional) Eksekutif Ekonomi Syariah," kata Maruf.

Baca juga: Sandiaga Uno: Event POI Menebarkan Semangat Membangkitkan Sektor Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

Menteri Keuangan Sri Mulyani selaku Sekretaris KNEKS menggarisbawahi sejumlah arahan Maruf dalam rapat di antaranya adalah fokus pada percepatan untuk pelaksanaan program-program KNEKS.

Dalam rangka untuk terus mempercepat berbagai program reguler maupun program prioritas KNEKS, sejumlah perwakilan kementerian dan lembaga eksekutif telah menyampaikan presentasi menyangkut program-program yang memang sangat menonjol dan membutuhkan kerja sama lintas instansi.

Kementerian Keuangan, kata dia, melalui pusat informasi dan teknologi keuangan atau Pusintek juga akan mendukung program KNEKS.

"Dengan adanya dua provinsi, Sumatera Barat maupun Riau, dan Jawa Barat, di mana nanti Komite Daerah Ekonomi Syariah sudah dan sedang dibentuk, ini akan makin mempercepat dan memberikan dukungan yang lebih nyata untuk tadi layanan sosial ketenagakerjaan," kata Sri.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Terkait

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas