Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Petinggi Rusia Susun ‘Dosa-dosa’ Negara Barat Yang Salahkan Moskow Atas Terjadinya Resesi Global

Mantan presiden Rusia itu juga menyebutkan perambahan NATO di perbatasan Rusia, sebuah proses yang bertentangan dengan akal sehat, katanya.

Editor: Hendra Gunawan
zoom-in Petinggi Rusia Susun ‘Dosa-dosa’ Negara Barat Yang Salahkan Moskow Atas Terjadinya Resesi Global
The Japan Times
Wakil Ketua Dewan Keamanan Rusia Dmitry Medvedev. 

TRIBUNNEWS.COM -- Mantan Presiden Rusia Dmitry Medvedev telah menyusun apa yang disebutnya daftar “dosa-dosa negara Barat”, mengacu pada apa yang dia lihat sebagai kekurangan AS dan Eropa.

Daftar itu diterbitkan di saluran Telegram Medvedev pada hari Kamis dan muncul sehari setelah mantan presiden itu menguraikan 'dosa-dosa' Rusia, sebuah seruan mengejek ke Barat untuk menyalahkan Moskow atas segala macam penyakit, dari kesalahan Presiden AS Joe Biden bahkan kepunahan dinosaurus.

“DOSA MEREKA (apa yang Rusia tidak bersalah): orang-orang bodoh Eropa ditipu secara sinis oleh Amerika, yang memaksa mereka untuk menanggung konsekuensi paling menyakitkan dari sanksi yang telah menghantam populasi negara-negara Uni Eropa; orang Eropa biasa kedinginan di rumah mereka musim dingin ini; inflasi pangan tertinggi dalam beberapa dekade di Eropa dan Amerika Serikat; Perusahaan-perusahaan UE dan AS kehilangan investasi bernilai miliaran dolar mereka dalam ekonomi Rusia,” tulisnya.

Baca juga: Kepala CIA Bill Burns Sebut Invasi Rusia ke Ukraina Buat China Berpikir Ulang untuk Serang Taiwan

Medvedev menambahkan bahwa Moskow tidak ada hubungannya dengan "Amerika memilih seorang lelaki tua aneh dengan demensia yang, setelah melupakan tugasnya, lebih mencintai negara lain daripada negaranya sendiri."

Dia juga mencatat bahwa Rusia tidak dapat disalahkan atas “orang-orang gila kota yang menyatakan diri mereka sebagai pemimpin UE yang tidak dapat ditarik kembali kehilangan kontak dengan kenyataan dan membuat orang-orang Ukraina yang miskin mengorbankan hidup mereka untuk bergabung dengan UE.”

Mantan presiden Rusia itu juga menyebutkan perambahan NATO di perbatasan Rusia, sebuah proses yang “bertentangan dengan akal sehat,” katanya.

Menurut Medvedev, Rusia seharusnya tidak harus disalahkan atas “banyak penjahat politik yang memanfaatkan masalah pemulihan status negara bagian Ukraina ke perbatasan sebelumnya karena mereka berencana untuk menerima kontrak militer baru dan menggelapkan arus kas yang dialokasikan untuk rezim Kiev. ”

BERITA REKOMENDASI

Rusia juga tidak bertanggung jawab atas “Ukraina kehilangan kemerdekaannya dan berada di bawah kendali langsung kolektif Barat setelah kudeta 2014” dan fakta bahwa “penjahat Ukraina pasti akan diadili atas kekejaman yang mereka lakukan terhadap rakyat Ukraina dan Rusia.”

Mantan presiden Rusia itu muncul dengan daftar itu setelah Biden berulang kali berusaha menyalahkan rekor harga gas dan inflasi tinggi 40 tahun pada konflik Rusia dan Ukraina.

Baca juga: Rusia Lanjutkan Pasokan Gas ke Eropa Lewat Jerman Melalui Aliran Pipa Nord Stream 1

Namun, menurut jajak pendapat Rasmussen yang dilakukan pada bulan Juni, hanya 11 persen orang Amerika yang percaya bahwa kenaikan harga Putin. Sebuah istilah yang diciptakan oleh presiden AS, bertanggung jawab atas kesengsaraan ekonomi mereka.

Sementara itu, lebih dari setengah (52 % ) responden menyebut kebijakan energi Biden yang buruk sebagai biang keladinya.

Uni Eropa juga telah mencoba menuding Rusia. Pada akhir Juni, misalnya, Menteri Luar Negeri Jerman Annalena Baerbock menuduh Moskow memicu krisis pangan dan menggunakan kelaparan global sebagai “senjata” dengan memblokir pengiriman gandum Ukraina. Tuduhan ini kemudian ditanggapi oleh Presiden Rusia Vladimir Putin, yang mencatat bahwa negara-negara Barat dengan sengaja meningkatkan ketegangan atas ekspor Ukraina, sementara Moskow siap memberikan akses gratis ke kapal-kapal gandum.

‘Dosa-dosa’ Moskow

Medvedev sebelumnya menyatakan telah menyusun apa yang dia katakan sebagai daftar 'dosa' Moskow, mengejek tuduhan yang dilemparkan ke negara itu oleh Barat. Daftar tersebut dipublikasikan di saluran Telegram Medvedev pada hari Rabu.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas