Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

67 UMK Kalimantan Selatan Siap Pasarkan Produk di Marketplace Pertamina

PT Pertamina melalui Program Pendanaan UMK (PUMK) turut andil untuk meningkatkan kualitas para pengusaha di sektor yang tahan terhadap krisis

Penulis: Sanusi
Editor: Muhammad Zulfikar
zoom-in 67 UMK Kalimantan Selatan Siap Pasarkan Produk di Marketplace Pertamina
ist
67 UMK asal Kalimantan Selatan, kini telah naik kelas dan aktif memasarkan produknya secara langsung dan siap hadir di smexpo pertamina, sebuah marketplace yang disediakan khusus oleh Pertamina. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Sanusi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - PT Pertamina (Persero) melalui Program Pendanaan UMK (PUMK) turut andil untuk meningkatkan kualitas para pengusaha di sektor yang tahan terhadap krisis.

Ribuan mitra binaan perusahaan, termasuk 67 UMK asal Kalimantan Selatan, kini telah naik kelas dan aktif memasarkan produknya secara langsung dan siap hadir di smexpo pertamina, sebuah marketplace yang disediakan khusus oleh Pertamina.

“Kami memiliki beberapa program bagi para UMK, mulai dari program pendanaan usaha mikro kecil hingga pelatihan-pelatihan yang bertujuan UMK naik kelas, mengikuti kebutuhan zaman,” jelas Area Manager Communication & CSR Regional Kalimantan, Susanto August Satria, dalam acara bincang-bincang bertema Jelajah Warna Warni Kalimantan, saat puncak acara Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) 2022, Selasa (26/7/2022).

Baca juga: Surveyor Indonesia Genjot Pemahaman Pelaku UMK Terkait Sertifikasi Halal

Pertamina, tutur dia, ada tiga hal utama yang dilakukan Pertamina untuk membina UMK yaitu pelatihan UMK berbasis naik kelas, Program Pendanaan UMK, dan mendekatkan UMK ke pasar nasional dan global. Pelatihan-pelatihan dilakukan agar pelaku usaha mampu mengikuti kebutuhan zaman.

“Pertamina berkolaborasi aktif dengan berbagai pihak termasuk mengambil peran dalam Gernas BBI 2022. UMK yang berhasil naik kelas melalui pelatihan dan program yang kami siapkan, kami ajak mengikuti berbagai pameran dari tingkat lokal hingga internasional, termasuk menyediakan marketplace di smexpo.pertamina.com untuk memasarkan produk UMK,“ katanya.

Tercatat sebanyak 1.178 UMK mendaftar untuk mengikuti bimbingan teknis (bimtek) serta menyemarakkan gelaran Gernas BBI Kalsel yang digelar pekan lalu. Dari jumlah itu, terpilih 67 UMK terbaik yang telah dibekali bimtek seperti literasi digital, literasi keuangan, branding, hingga business matching.

Baca juga: Masih Tahap Finalisasi, Pertamina Tunggu Aturan Pasti Penjualan Pertalite

BERITA TERKAIT

Puncak Gernas Kalsel dibuka Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (marves), Luhut Binsar Panjaitan, Jumat (22/7) di Kawasan Siring 0 Km Banjarmasin.  

Luhut dalam sambutannya menyebutkan, kegiatan Gernas BBI yang dilakukan setiap bulan di berbagai daerah Indonesia telah mengangkat ekonomi daerah khususnya pada UMK.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas