Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Citi dan PJI Fasilitasi Pelatihan 300 Wirausaha Pemula di Tiga Kota Pulau Jawa

Wirausahawan muda yang dijaring dalam program berusia usia 18-28 tahun dengan fokus meningkatkan kapasitas dan kompetensi dalam manajemen.

Penulis: Choirul Arifin
Editor: Seno Tri Sulistiyono
zoom-in Citi dan PJI Fasilitasi Pelatihan 300 Wirausaha Pemula di Tiga Kota Pulau Jawa
HO
Citi Indonesia dan Prestasi Junior Indonesia (PJI) menggulirkan inisiatif baru untuk memfasilitasi 300 pelaku usaha pemula. 

Laporan Wartawan Tribunnews, Choirul Arifin

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Citi Indonesia dan Prestasi Junior Indonesia (PJI) menggulirkan inisiatif baru untuk memfasilitasi 300 pelaku usaha pemula di Sidoarjo, Surabaya dan Bandung, demi meningkatkan kapasitas dan kompetensi bisnis mereka.

Wujudnya, berupa program pelatihan dan pendampingan bisnis bertajuk YOUth Business Learning ASpiraTion (YOU-BLAST).

Wirausahawan muda yang dijaring dalam program ini adalah di rentang usia 18-28 tahun dengan fokus meningkatkan kapasitas dan kompetensi dalam manajemen bisnis, pengelolaan keuangan personal dan bisnis, serta perluasan jangkauan pemasaran bisnis dengan digital.

Baca juga: Tingkatkan Populasi IKM, Kemenperin Latih Ribuan Wirausaha Baru

Program YOUth Business Learning ASpiraTion dimulai sejak bulan Maret 2022 dengan aktivitas Youth Needs Assessment untuk mengidentifikasi karakteristik pengusaha lokal dan kebutuhan pelatihan kewirausahaan di wilayah Sidoarjo, Surabaya, dan Bandung Raya.

Setelah memverifikasi ratusan pendaftar, 307 peserta berpartisipasi dalam Basic Entrepreneurship Workshop yang terdiri dari serangkaian pelatihan untuk membantu peserta mempersiapkan bisnis mereka, meliputi pelatihan kesadaran diri, pelatihan literasi keuangan, lokakarya model bisnis, pelatihan pengembangan produk, dan inbound training. Sebanyak 150 peserta di antaranya dipilih dan diinaugurasi untuk memperoleh pembinaan dan pendampingan intensif hingga bulan Februari 2023 mendatang.

Mengutip data BPS, Country Head of Corporate Affairs Citi Indonesia, Puni A. Anjungsari mengungkapkan, jumlah pengangguran di Indonesia mencapai 8,4 juta orang diFebruari 2022, turun 4 persen setelah melonjak hingga 26,26 persen pada tahun sebelumnya.

BERITA REKOMENDASI

"Hadirnya program YOU-BLAST diharapkan dapat turut mengatasi isu pengangguran di Indonesia dengan mengoptimalkan potensi pertumbuhan kesempatan kerja yang diciptakan oleh sektor UMKM," ujarnya.

Di saat yang sama, program ini juga dapat membekali para peserta program tersebut tentang bagaimana cara mengatasi tantangan berbisnis di era digital dan pascapandemi ini agar mereka dapat membangun usaha yang kuat dan berkelanjutan dari awal.

Academic Advisor and Operations Counsel Prestasi Junior Indonesia, Robert Gardiner memaparkan, ekosistem kewirausahaan Indonesia tengah bergerak ke arah yang kian positif.

Momentum ini harus dimanfaatkan untuk terus melahirkan bibit-bibit wirausaha baru dan memperkuat daya saing para wirausaha pemula. Hal ini mengingat kewirausahaan berpotensi menjadi sarana untuk generasi muda dalam menciptakan peluang ekonomi bagi diri sendiri, keluarga, dan komunitas.

Baca juga: 4 Anak Muda Ini Bikin Platform Digital EarlyPay Jembatani Kesenjangan Ekosistem Kreator

Dia mengatakan, program YOU-BLAST akan membantu mengakselerasi peningkatan skala usaha para wirausaha pemula dengan proses inkubasi melalui sejumlah kegiatan, seperti pelatihan, lokakarya, pembinaan, pendampingan, bimbingan teknis, dan akses pemasaran.

Staf Ahli Wali Kota Surabaya Bidang Hukum, Politik dan Pemerintahan, M. Afghani Wardhana, mengapresiasi hadirnya Program YOU-BLAST.

“Pemerintah Kota Surabaya mendukung penyelenggaraan pelatihan bagi UMKM yang dijalankan oleh anak muda. Sebagai informasi, di tengah situasi pandemi COVID-19 ini, UMKM adalah salah satu sektor yang paling mudah digerakkan untuk memutar roda perekonomian Kota Surabaya," ujarnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas