Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Harga Tiket Pesawat Turun 15 Persen, Sandiaga Uno Dorong Penambahan Rute Penerbangan

Kebijakan penurunan harga tiket pesawat yang akan dilakukan dalam waktu singkat oleh Kementerian Perhubungan dan Kementerian BUMN.

Penulis: Dennis Destryawan
Editor: Hendra Gunawan
zoom-in Harga Tiket Pesawat Turun 15 Persen, Sandiaga Uno Dorong Penambahan Rute Penerbangan
ATR Aircraft
Pesawat ATR72 ke-50 yang dikirim untuk Wings Air. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Dennis Destryawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -- Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mendorong agar harga tiket pesawat akan lebih terjangkau, terutama saat memasuki masa-masa puncak liburan di akhir tahun.

"Kami akan mendorong agar ada penambahan rute-rute penerbangan baru," ujar Sandiaga dalam keterangannya dikutip Selasa (30/8/2022).




Sandiaga menyampaikan bahwa harga tiket pesawat yang turun 15 persen menjadi angin segar bagi industri pariwisata.

Kebijakan penurunan harga tiket pesawat yang akan dilakukan dalam waktu singkat oleh Kementerian Perhubungan dan Kementerian BUMN.

Baca juga: Menhub Apresiasi Kolaborasi Maskapai dan Sektor Perbankan Berikan Promosi Harga Tiket Pesawat

“Good News. Berkat doa dan kerja sama semua pihak, harga tiket pesawat turun 15 persen dan jadi angin segar bagi industri pariwisata. Dan ini kita harus hargai upaya dari Kementerian Perhubungan, Kementerian BUMN, juga para pemangku kepentingan terkait,” kata Sandiaga.

Menurut Sandiaga, maskapai penerbangan dengan cepat menambah armada mulai dari Garuda Indonesia, Citilink, hingga Lion Group tak ketinggalan menambah jumlah pesawat mereka.

BERITA TERKAIT

Selain itu, AirAsia dan beberapa maskapai dari luar negeri juga ikut mendukung, sehingga harga tiket pesawat terus diharapkan akan lebih terjangkau, terutama saat memasuki masa-masa puncak liburan di akhir tahun.

Baca juga: Kolaborasi BNI-Garuda-Lion, Tekan Harga Tiket Pesawat

Sandiaga meyakini, kenaikan harga tiket pesawat yang sempat terjadi dalam kurun waktu yang lama berpotensi untuk menurunkan kunjungan wisatawan ke destinasi wisata di Indonesia.

"Dan patut kita hindari, dan kami ucapkan terima kasih. Harapannya ini bisa kita jaga sebagai momentum kebangkitan kita," kata Sandiaga.

Sebelumnya, Juru Bicara Kementerian Perhubungan Adita Irawati mengatakan penurunan harga tiket pesawat sebesar 15 persen itu mengacu pada strategi Kemenhub yang sebelumnya telah disusun.

"Turunnya harga tiket sekitar 10-15 persen itu perkiraan saja jika terobosan itu dapat dilakukan," ujarnya.

Kemenhub sudah mengimbau maskapai dan stakeholders lainnya untuk mencari terobosan agar harga tiket pesawat bisa turun.

Setidaknya, terdapat tiga terobosan baru yang diluncurkan oleh Kemenhub, di antaranya memberikan diskon harga tiket pesawat, memanfaatkan keterisian penumpang, dan menerapkan block seat.

"Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, salah satunya juga dengan melakukan promo-promo bersama berbagai pihak seperti yang dilakukan bersama bank," tambah Adita.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas