Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Presidensi G20 Jadi Momentum Indonesia Dorong Akselerasi Transisi Energi

Indonesia sebagai pemegang Presiden G20 mempunyai kesempatan emas memaksimalkan diplomasi terkait isu global perubahan iklim

Penulis: Reynas Abdila
Editor: Muhammad Zulfikar
zoom-in Presidensi G20 Jadi Momentum Indonesia Dorong Akselerasi Transisi Energi
dok.
Ketua Umum Asosiasi Energi Surya Indonesia (AESI) Fabby Tumiwa (tengah) usai menyaksikan penandatanganan kerjasama produsen panel surya Utomo SolaRUV dan Solar Radiance di Jakarta, Rabu (14/9/2022). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Reynas Abdila

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Indonesia sebagai pemegang Presiden G20 mempunyai kesempatan emas memaksimalkan diplomasi terkait isu global perubahan iklim melalui pengembangan energi terbarukan.

Hal itu dikatakan Ketua Umum Asosiasi Energi Surya Indonesia (AESI) Fabby Tumiwa dalam penandatanganan kerjasama produsen panel surya Utomo SolaRUV dan Solar Radiance di Jakarta, Rabu (14/9/2022).

Menurut Fabby, Presidensi G20 menjadi momentum Indonesia mendorong upaya akselerasi transisi energi.

Baca juga: Ekonomi Inggris Terpukul Lonjakan Harga Energi, Risiko Resesi Semakin Meningkat

"Indonesia memiliki sumber energi surya yang sangat melimpah dengan intensitas radiasi matahari rata-rata sekitar 4.8 kWh/m2 per hari, bahkan daerah Indonesia bagian timur memiliki intensitas radiasi matahari yang lebih tinggi," urainya.

Fabby menyampaikan akselerasi transisi energi bisa didorong dari pemanfaatan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS).

 
Dia menilai Indonesia memiliki potensi yang luar biasa besar dan inisiatif antar organisasi seperti produsen panel surya Utomo SolaRUV dan Solar Radiance yang harus didukung karena akan menumbuhkan lapangan kerja hijau.

BERITA REKOMENDASI

Selain itu meningkatkan akses ke teknologi dan ujungnya memperkuat ekosistem antar pelaku usaha di Indonesia.

"Sehingga konsumen atau pengguna mendapatkan penghematan dan akses ke pengembang kelas dunia di industri energi bersih tanah air," paparnya.

Baca juga: ESDM: Inovasi Jadi Kunci Percepat Transisi Energi ke EBT

Managing Director Utomo SolaRUV Anthony Utomo menuturkan pihaknya terus membangun kerjasama strategis, salah satunya melalui kerjasama Master Sales Agreement dengan PT Masdar Mitra Solar Radiance. 

“Kami selaku mitra produsen global modul surya LONGi di Indonesia tentu menyambut baik kerjasama strategis dengan pengembang PV Solar Radiance yang adalah bagian dari konglomerasi Masdar dan Mitrabara," tuturnya.

Anthony mengatakan kerjasama ini akan mengakselerasi pengembangan dan akses Distributed Energy sebagai bagian pemenuhan dari strategi nasional untuk dekarbonisasi industri dan transisi energi bersih di Indonesia.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas