Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

UMKM Makin Go Digital, Pelaku Usaha Kian Butuh Mesin Kasir

Berkembangnya industri dan UMKM ini akhirnya mendorong Codeshop Indonesia untuk menyediakan perlengkapan yang dibutuhkan pelaku UMKM yakni mesin kasir

Penulis: Fitri Wulandari
Editor: Arif Fajar Nasucha
zoom-in UMKM Makin Go Digital, Pelaku Usaha Kian Butuh Mesin Kasir
Ist
Mesin kasir. Berkembangnya industri dan UMKM ini akhirnya mendorong Codeshop Indonesia untuk menyediakan perlengkapan yang dibutuhkan pelaku UMKM yakni mesin kasir 

Laporan Wartawan Tribunnews, Fitri Wulandari

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Di masa pandemi virus corona (Covid-19), 60 persen perekonomian Indonesia ditopang oleh Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

Sehingga jika membahas mengenai digitalisasi ekonomi, maka dapat dipastikan bahwa UMKM lah yang menjadi prioritas saat ini.

Peran digitalisasi ini pun kini memiliki banyak manfaat bagi pelaku UMKM, mulai dari kepraktisan penggunaan, hasil perhitungan yang cepat dan teliti, serta sistem terpadu antar divisi.

Dikutip dari laman www.connectpos.com, digitalisasi UMKM menawarkan beragam keuntungan, seperti efisiennya penggunaan sumber daya dan modal, meminimalisir biaya dan waktu, serta kemudahan dalam pengawasan.

Salah satu proses perkembangan UMKM ke era digital ini bisa dilihat dari penggunaan mesin kasir sebagai sistem pengelolaan transaksi.

Pada 2022, jumlah pelaku UMKM pun diperkirakan mencapai angka 62 juta dan akan terus bertambah.

BERITA REKOMENDASI

Berkembangnya industri dan UMKM ini akhirnya mendorong Codeshop Indonesia untuk menyediakan perlengkapan yang dibutuhkan para pelaku UMKM yakni mesin kasir.

Baca juga: Kemenparekraf Dorong Peningkatan Omzet UMKM Sumatera Selatan Melalui Kampanye BKSS

Perlu diketahui, sistem alat kasir tentu tidak hanya dapat menunjang kinerja bisnis menjadi lebih efektif saja, namun juga menghemat waktu data entry, menutup celah kecurangan hingga meminimalisir kesalahan.

Namun mirisnya, tidak semua pelaku UMKM dapat mengindentifikasi kebutuhan tersebut.

Alat kasir selama ini hanya dikenal untuk industri atau perusahaan besar seperti bisnis yang bergerak di bidang retail.

Padahal alat ini dapat digunakan berbagai jenis atau bidang bisnis seperti manufaktur, hospitality, perhotelan dan pariwisata hingga Meeting, Incentive, Convention dan Exhibition (MICE).

Memiliki visi menjadi solusi bisnis terbaik di bidang identifikasi data, Codeshop Indonesia berharap bisnis kecil juga dapat merasakan manfaat serta dampak penggunaan mesin kasir sesuai kebutuhan dengan harga yang terjangkau.

Mesin kasir
Mesin kasir (Ist)

Direktur Codeshop Indonesia, Benny Kuncoro mengatakan bahwa pihaknya saat ini memang berfokus pada pemberian bantuan kepada enterpreneur terutama pelaku UMKM.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas