Tribun Bisnis

Kelompok Milenial Nilai Erick Thohir Sosok Tepat untuk Perkuat Ekonomi Syariah RI

Syahrul Ramadhani menilai sosok Menteri BUMN Erick Thohir sebagai orang tepat memperkuat ekonomi syariah.

Penulis: Reza Deni
Editor: Daryono
zoom-in Kelompok Milenial Nilai Erick Thohir Sosok Tepat untuk Perkuat Ekonomi Syariah RI
Ismoyo
Menteri BUMN Erick Thohir - Penggerak Milenial Indonesia (PMI) Syahrul Ramadhani menilai sosok Menteri BUMN Erick Thohir sebagai orang tepat memperkuat ekonomi syariah. 

Laporan Reporter Tribunnews.com, Reza Deni

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Koordinator Bidang UMKM dan Bisnis, Penggerak Milenial Indonesia (PMI) Syahrul Ramadhani menilai sosok Menteri BUMN Erick Thohir sebagai orang tepat memperkuat ekonomi syariah.

Menurutnya, ekonomi syariah dapat mendorong masyarakat terutama umat Islam untuk lebih mandiri dan mengambil peran dalam menjalankan sistem perekonomian di Indonesia.

“Gagasan Pak Erick pada satu sisi membantu sekaligus mendorong umat Islam untuk lebih mandiri. Pada sisi yang lain, umat Islam turut diarahkan untuk mengambil peran penting dalam menggerakkan sistem perekonomian,” jelas Syahrul dalam keterangannya, Rabu (21/9/2022).

Lebih lanjut, Syahrul mengamati bahwa, Erick memiliki cita-cita besar untuk menjadikan sistem ekonomi syariah tidak terbatas hanya sebagai konsumen lokal saja, melainkan turut menjadi penggerak dalam konteks global.

“Harapan Pak Erick pada sistem ekonomi syariah yang berjalan di Indonesia sangat besar. Kalau kita amati bersama, ada cita-cita Pak Menteri untuk menggerakkan sistem ekonomi syariah agar mengambil peran penting dalam konteks global,” tambahnya.

Baca juga: PARA Syndicate Sebut Erick Thohir, Sri Mulyani, hingga Puan Sebagai Sosok Cawapres Potensial di 2024

Penguatan sistem ekonomi syariah, berdasarkan pembacaan Syahrul, turut diorientasikan untuk membentuk pengusaha profesional yang memiliki pendanaan memadai.

“Tujuannya kami kira jelas sekali. Penguatan ekonomi syariah berupaya untuk membentuk pengusaha-pengusaha profesional. Karenanya penguatan sumber pendanaan, dalam hal ini sistem ekonomi syariah, harus dikuatkan terlebih dahulu,” ungkapnya.

Atas dasar itu, Syahrul melihat bahwa, penguatan itu dapat dimulai dan disinergikan oleh internal umat Islam sendiri, seperti pesantren, muslimpreuner, ataupun para ulama.

“Cara memulainya tentu harus dari umat Islam terlebih dahulu, semisal pesantren, muslimpreuner, ataupun para ulama. Jika mereka-mereka itu sudah memulai, maka ekosistem ekonomi syariah ini akan berjalan selaras dengan berkembangnya Indonesia sebagai pusat ekonomi syariah di dunia dengan potensi yang kita miliki,” ujarnya.

Baca juga: Subholding PLN Terbentuk, Erick Thohir: Menjawab Keinginan Jokowi dalam Percepat Transisi Energi

Atas dasar itu, Syahrul dan pihaknya, berkomitmen untuk terus membantu Erick Thohir dalam upaya memperbaiki sistem perekonomian syariah agar lebih baik ke depannya.

“Kami dari PMI, tentu akan terus membantu dan mengawal Pak Menteri untuk menyukseskan agenda-agenda dan gagasannya di BUMN. Terutama yang berkaitan dengan perbaikan sistem ekonomi syariah untuk masyarakat terutama umat Islam,” pungkasnya.(*)

Ikuti kami di
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas