Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Intip Wajah dan Fitur Baru Shopee Barokah, Belanja Produk Halal Jadi Mudah!

Mengoptimalkan potensi industri halal sekaligus memudahkan umat muslim di Indonesia, Shopee menghadirkan inovasi lewat Shopee Barokah

Penulis: Anniza Kemala
Editor: Content Writer
zoom-in Intip Wajah dan Fitur Baru Shopee Barokah, Belanja Produk Halal Jadi Mudah!
Istimewa
Wajah baru platform Shopee Barokah sebagai rumah bagi produk halal dan kebutuhan umat muslim dengan menghadirkan ragam keistimewaan. 

TRIBUNNEWS.COM - Sebagai negara dengan populasi muslim terbesar di dunia, gaya hidup halal memiliki tempat yang istimewa di hati umat muslim Indonesia. Seiring dengan makin digandrunginya ‘halal lifestyle’, konsumsi produk-produk halal pun terus mengalami peningkatan.

Yang menarik, komoditas bersertifikat halal tidak lagi terbatas pada makanan dan minuman saja. Saat ini, produk kecantikan dan kesehatan dengan sertifikasi halal pun juga cukup mudah untuk ditemukan. Mereka yang menerapkan halal lifestyle kerap memburu produk halal seperti makanan, fesyen, hingga produk kebutuhan sehari-hari.

Bagi para pelaku usaha, terutama UMKM, hal ini memberikan dampak positif tersendiri karena mereka pun turut mendapatkan peluang untuk menciptakan ekonomi mandiri dari industri kreatif halal.

Dalam rangka mengoptimalkan potensi industri halal sekaligus memudahkan umat muslim di Indonesia, Shopee menghadirkan inovasi lewat tampilan baru dari Shopee Barokah. Shopee Barokah pertama kali diluncurkan pada November 2019 lalu dan telah menjadi rumah bagi produk-produk halal yang mendukung potensi industri Islami di Indonesia sejak saat itu.

Pada perkembangannya, Shopee Barokah tampil dengan wajah baru yang diluncurkan di Shopee Solo Creative & Innovation Hub Solo Techno Park Desember 2021 lalu. Wali Kota Surakarta, Gibran Rakabuming Raka dan Ketua MUI Jawa Tengah, serta Prof. Dr. KH. Abu Rokhmad MA, turut hadir dalam peresmian wajah baru Shopee Barokah tersebut.

Bertujuan menjadi gebrakan bagi industri produk halal, Shopee Barokah hadir untuk menunjang kebutuhan umat muslim yang menjadi pengguna Shopee. Dengan memanfaatkan platform ini, masyarakat Indonesia dapat dengan mudah menemukan produk yang telah memiliki sertifikat halal dari Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) dan berbagai produk Islami lainnya.

Keistimewaan fitur baru Shopee Barokah

Pengguna dapat melihat regulasi transaksi yang disesuaikan secara Islami dengan mengakses Syarat Layanan Shopee Barokah (Foto: Dok. Istimewa)
Pengguna dapat melihat regulasi transaksi yang disesuaikan secara Islami dengan mengakses Syarat Layanan Shopee Barokah (Foto: Dok. Istimewa) (Istimewa)
BERITA TERKAIT

Pengembangan fitur baru Shopee Barokah tentunya memberikan sejumlah keistimewaan. Menurut Direktur Shopee Barokah, Bukhori Muslim, keunggulan pertama dari fitur baru ini adalah produk halal yang terkurasi dan makin mudah ditemukan dengan bilah pencarian (search bar) khusus.

Fitur bilah pencarian tersebut terdapat pada tampilan pertama saat membuka laman Shopee Barokah. Dengan menuliskan jenis produk, maka akan muncul beragam rekomendasi produk halal yang telah terkurasi.

“Ada beragam jenis produk halal terkurasi. Mulai dari produk fashion, perlengkapan ibadah, makanan dan minuman, buku, perlengkapan haji dan umrah, produk kecantikan, dan kebutuhan Islami lainnya. Hingga saat ini sudah ada puluhan ribu produk terkurasi," terang Bukhori.

"Kemudian di bagian bawah dan seterusnya adalah koleksi halal pilihan, promo brand produk halal, voucher toko, ShopeeFood serba halal, hingga sejumlah produk rekomendasi penunjang kebutuhan Islami lainnya," lanjutnya.

Selain telah bersertifikat halal, Shopee Barokah juga memastikan bahwa produk-produk yang dijual di laman ini menawarkan kualitas yang baik. Produk-produk yang ada di Shopee Barokah telah terkurasi berdasarkan penilaian dari tim Shopee. Salah satu contohnya adalah produk kecantikan, yang tentunya selain halal juga harus lolos uji kesehatan.

Keistimewaan lain dari fitur baru Shopee Barokah adalah pilihan transaksi jual beli serta promosi toko yang disesuaikan dengan prinsip Islami.

"Penjual dan pembeli menggunakan skema akad yang pembayarannya disesuaikan dengan prinsip Islam. Shopee juga bekerja sama dengan berbagai mitra strategis dalam mengembangkan ekosistem penunjang kebutuhan Islami untuk mendorong perkembangan industri halal di Indonesia," ungkap Bukhori.

Yang menarik, Shopee Barokah juga menyediakan sejumlah keistimewaan yang dapat membantu pengguna untuk beribadah. Di platform ini, terdapat Alquran digital, informasi jadwal salat, serta fitur berbagi kebaikan melalui instrumen ZISWAF untuk berzakat, infak, sedekah, dan wakaf.

Kehadiran fitur baru ini diharapkan dapat memudahkan para pengguna untuk beramal serta turut berperan mengatasi berbagai permasalahan ekonomi dan sosial dengan melibatkan mitra yang kredibel.  

Berbagai keistimewaan dari Shopee Barokah di atas merupakan bukti dari komitmen Shopee untuk terus berinovasi menjadi one-stop platform bagi umat muslim serta menggarisbawahi komitmen #ShopeeAdaUntukSemua untuk menjadi platform belanja online yang inklusif.

Saatnya belanja produk halal dengan lebih mudah bersama Shopee Barokah! Platform Shopee Barokah dapat diakses dengan mudah di laman utama aplikasi Shopee atau dengan mengklik link berikut: https://shopee.co.id/m/barokah.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Terkait

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas