Tribun Bisnis

Pernikahan Kaesang dengan Erina Gudono

PHRI: Okupansi Hotel Bintang 5 di Solo dan Yogyakarta Penuh Berkat Pernikahan Kaesang dengan Erina

Momentum pernikahan putra presiden ini membuat okupansi dari hotel bintang 4 dan bintang 5 di dua kota tersebut penuh.

Editor: Seno Tri Sulistiyono
zoom-in PHRI: Okupansi Hotel Bintang 5 di Solo dan Yogyakarta Penuh Berkat Pernikahan Kaesang dengan Erina
TRIBUN JOGJA/Christi Mahatma
Erina Gudono (kedua kiri) didampingi ibundanya, Sofiatun Gudono (kedua kanan) dan kedua kakaknya, Allen Gudono (kiri) dan Nadya Gudono (kanan) memberikan keterangan kepada awak media usai acara midodareni menjelang pernikahan dirinya dengan putra bungsu Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep di kediamannya di Sinduadi, Mlati, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Jumat (9/12/2022) malam. Rencananya, pernikahan Kaesang Pangarep dengan Erina Gudono akan dilaksanakan di Pendopo Hotel Royal Ambarrukmo, Yogyakarta, pada Sabtu, 10 Desember 2022, sedangkan resepsi sekaligus pesta budaya akan digelar di Kota Surakarta (Solo) pada Minggu, 11 Desember 2022. TRIBUN JOGJA/Christi Mahatma 

Laporan Wartawan Tribunnews, Lita Febriani

TRIBUNNEWS.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyelenggarakan prosesi pernikahan putra bungsunya Kaesang Pangarep dengan Erina Gudono di Yogyakarta pada 10-12 Desember 2022.

Sebelumnya, acara siraman Kaesang sendiri telah dilakukan di Solo, yang dihadiri oleh keluarga besarnya.

Momentum pernikahan putra presiden ini membuat okupansi dari hotel bintang 4 dan bintang 5 di dua kota tersebut penuh.

Baca juga: Efek Pernikahan Kaesang dan Erina Bikin Hotel Bintang 5 Penuh, Prabowo Menginap di Kamar Deluxe 

Ketua Umum Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Hariyadi Sukamdani, mengatakan di Solo okupansi hotel telah mencapai 100 persen, begitu pula dengan Yogyakarta yang kondisinya hampir serupa.

"Di Solo untuk hotel bintang 4 dan bintang 5 itu full okupansinya, di Solo itu udah penuh semua. Kalau di Jogja posisinya kira-kira 90 persen okupansinya untuk hotel bintang 4 dan 5," tutur Hariyadi saat dihubungi Tribunnews, Sabtu (10/12/2022).

Keterisian tersebut selain karena adanya acara pernikahan Kaesang, namun juga bertepatan dengan akhir pekan yang memang biasanya kedua kota ini ramai dikunjungi pelancong.

"Jadi memang kelihatannya ada pengaruh juga, di samping selain weekend tetapi juga ada acara lamaran dan besok resepsi di Jogja," jelasnya.

Sementara untuk hotel bintang 3, PHRI melihat kondisinya tidak jauh berbeda, meskipun tamu-tamu undangan pernikahan kebanyakan menginap di hotel bintang 4 dan 5.

"Untuk bintang tiganya ini juga di Solo sudah penuh 100 persen. Tetapi kalau di Jogja agak kurang dikit, mungkin sekitar 80 persenan," ungkap Hariyadi.

© 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas