Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Teknologi Smart Glasses Tingkatkan Produktivitas pada Sektor Konstruksi

Industri konstruksi sedang mengembangkan beberapa perangkat lunak dan perangkat keras untuk meningkatkan produktivitas.

Penulis: Choirul Arifin
Editor: Seno Tri Sulistiyono
zoom-in Teknologi Smart Glasses Tingkatkan Produktivitas pada Sektor Konstruksi
HO
Ilustrasi. Industri konstruksi sedang mengembangkan beberapa perangkat lunak dan perangkat keras untuk meningkatkan produktivitas. 

Laporan Wartawan Tribunnews, Choirul Arifin

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Adopsi teknologi digital kini berkembang pesat di semua sektor ekonomi, termasuk di dunia konstruksi.

Industri konstruksi sedang mengembangkan beberapa perangkat lunak dan perangkat keras untuk meningkatkan produktivitas dan membuat hidup kita lebih mudah dan membuat perusahaan lebih produktif.




Sektor konstruksi kini mulai mengadopsi Smart Glasses. "Teknologi Smart Glasses kini hadir untuk membantu meningkatkan produktivitas perusahaan di sektor konstruksi," ungkap Faris Al Husaini, VP Sales & Marketing Widya Matador, perusahaan lokal yang sukses mengembangkan Matador Glass.

Baca juga: Pemerataan Infrastruktur, Pemkab Bojonegoro Kebut Konstruksi 5 Ruas Jalan

Faris menjelaskan, Matador Glass merupakan sebuah kacamata pintar berbasis IoT (Internet Of Things) yang memungkinkan untuk melakukan pengawasan dan monitoring para pekerja dari jarak jauh secara real time melalui laman streamers.

"Dengan menggunakan Matador Glass diyakini dapat cepat dan tanggap dalam proses penanganan, karena menggunakan fitur kacamata yang terhubung," ujarnya dalam keterangan pers yang dikutip Selasa, 7 Maret 2023.

Dia menjelaskan, kehadiran Matador Glass di pabrik tidak hanya memfasilitasi pertukaran dan komunikasi antara berbagai teknisi yang terlibat. Teknologi ini memungkinkan teknisi untuk mengumpulkan data (mengambil gambar dan video dengan kamera terpasang) dan mengirimkannya secara langsung.

BERITA TERKAIT

"Instruksi yang disampaikan oleh matador Glass ini bekerja dalam kombinasi perintah suara, (Voice Command)," ujarnya.

Hal Ini berguna untuk memastikan dan memperbaharui setiap keputusan yang diambil serta bereaksi dengan cepat jika ada masalah. sehingga dapat meningkatkan produktivitas perusahaan secara menyeluruh.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas