Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Anggota Komisi XI DPR Ajak Masyarakat Laporkan Praktik Pinjol Ilegal dan Investasi Bodong

Investasi bodong dan praktek pinjol illegal sudah sangat meresahkan, terjadi di hampir seluruh wilayah di Indonesia.

Penulis: Malvyandie Haryadi
Editor: Seno Tri Sulistiyono
zoom-in Anggota Komisi XI DPR Ajak Masyarakat Laporkan Praktik Pinjol Ilegal dan Investasi Bodong
HO
Anggota komisi XI DPR RI, Andi Achmad Dara, mengajak masyarakat untuk aktif dan cepat melaporkan praktik investasi bodong dan pinjaman online (Pinjol) ilegal yang sudah meresahkan di masyarakat. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Anggota komisi XI DPR RI, Andi Achmad Dara, mengajak masyarakat untuk aktif dan cepat melaporkan praktik investasi bodong dan pinjaman online (Pinjol) ilegal yang sudah meresahkan di masyarakat.

Dengan melaporkan praktik investasi bodong dan pinjol ilegal ke satgas dan aparat terkait, dapat segera menghentikan kerugian yang lebih besar di masyarakat dan tidak akan bertambah korban dari masyarakat.

Ajakan Andi Dara tersebut disampaikan dalam acara Penyuluhan Jasa Keuangan yang bertema “Waspada Terhadap Investasi Bodong dan Pinjaman Online”, di Tangerang, Jumat (24/3/2023).

Hadir dalam pertemuan tersebut narasumber dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK), akademisi dan para pelaku jasa keuangan.

Baca juga: Tim Siber Polda Metro Jaya Mengungkap Praktik Pinjol Ilegal Berkedok Koperasi di Manado

Menurut Andi Dara, investasi bodong dan praktek pinjol illegal sudah sangat meresahkan, terjadi di hampir seluruh wilayah di Indonesia, dengan korban yang sangat banyak hingga jutaan masyarakat.

Angka kerugian akibat investasi bodong dan pinjol illegal juga luar biasa besar mencapai ratusan triliun rupiah.

“Tentu, (peredaran pinjol illegal dan investasi bodong) sudah sangat mengkhawatirkan dan meresahkan masyarakat, korbannya sudah banyak dari masyarakat, kerugian angka mencapai ratusan triliun, harus segera dihentikan ini, caranya ya dengan cepat dilaporkan ke aparat”, kata Andi Dara menjelaskan.

BERITA REKOMENDASI

Andi Dara mengimbau masyarakat yang mengetahui dan menjadi korban dari investasi bodong atau pinjol ilegal segera melaporkan ke Satgas Waspada Investasi (SWI), untuk segera dilakukan tindakan dan bisa meminimalisir risiko kerugian di kalangan masyarakat.

Satgas Waspada Investasi merupakan wadah koordinasi 12 kementerian dan lembaga dalam upaya mencegah dan menangani dugaan tindakan melawan hukum di bidang pengimpunan dana masyarakat dan pengelolaan investasi.

Selain di Jakarta, terdapat 45 tim kerja Satgas Waspada Investasi Daerah.

Mengamini Andi Achmad Dara, Kasubbag Edukasi dan Perlindungan konsumen Kantor OJK Regional 1 DKI dan Banten, Ahmad Zaelani, juga menjelaskan tentang pentingnya masyarakat untuk segera laporkan investasi bodong dan pinjol illegal itu.

Laporan bisa dikirim melalui email waspadainvestasi@ojk.go.id, atau ke hotline Pinjol Illegal Polri dengan nomor whatsapp 081210019202 dan media sosial instagram @SATGAS_PINJOL_ILEGAL.

‘Segara Laporkan ke SWI atau kontak OJK di Telp 157, jangan tunda dan jangan ragu, segera laporkan saja jika kita temukan investasi yang mencurigakan bodong dan pinjol illegal," tegas Zaelani.

Masyarakat yang saat ini menjadi korban pinjol ilegal juga harus segera laporkan ke nomor pengaduan di atas agar kita segera tangani dan tindaklanjuti”, kata Zaelani.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas