Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Pertamina: Ledakan Kilang Dumai Telah Teratasi, Operasional di Unit Terdampak Dihentikan Sementara

Pertamina memastikan Tim Kedaan Darurat telah berhasil mengatasi ledakan di area gas compressor Kilang Dumai pada Sabtu (1/4/2023).

Penulis: Endrapta Ibrahim Pramudhiaz
Editor: Hendra Gunawan
zoom-in Pertamina: Ledakan Kilang Dumai Telah Teratasi, Operasional di Unit Terdampak Dihentikan Sementara
Tribunpekanbaru.com/Donny Kusuma
Ledakan keras terdengar dari Kilang Pertamina RU II Dumai di Jalan Putri Tujuh, Sabtu (1/4/2023) malam. 

Laporan wartawan Tribunnews.com, Endrapta Pramudhiaz

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pertamina memastikan Tim Kedaan Darurat telah berhasil mengatasi ledakan di area gas compressor Kilang Dumai pada Sabtu (1/4/2023).

Area Manager Comm Rel & CSR Kilang Dumai Agustiawan mengatakan kejadian telah dapat dikendalikan sekitar pukul 22.54 WIB.

"Saat ini operasional kilang di unit terdampak dihentikan sementara untuk memastikan keamanan di lokasi. Sementara unit lain tetap beroperasi normal," katanya dalam keterangan resmi, Minggu (2/4/2023).

Baca juga: Kilang Pertamina Meledak, Getarannya Terasa Hingga Radius 7 Km di Pusat Kota Dumai

Agustiawan berujar, penyebab kejadian masih belum diketahui. Selain itu, terdapat lima orang yang terkena dampak di ruang operator dan telah dibawah ke Rumah Sakit Pertamina Dumai.

"Terdapat 5 orang yang terdampak di ruang operator dan saat ini telah dibawa ke RS Pertamina Dumai untuk memperoleh perawatan terbaik. Kondisi pekerja terdampak tersebut saat ini stabil," katq Agustiawan.

Saat ini, kata Agustiawan, tim terus fokus untuk memastikan kondisi aman. Pemantauan oleh Pertamina Kilang Dumai juga terus dilakukan.

BERITA TERKAIT

"Pertamina Kilang Dumai juga terus melakukan pemantauan untuk memastikan agar masyarakat di sekitar kilang tidak terdampak oleh kejadian ini," ujarnya.

Sebelumnya, dikutip dari Tribun Pekanbaru, ledakan keras terdengar dari Kilang Pertamina RU II Dumai di Jalan Putri Tujuh, Sabtu (1/4/2023) malam.

Sejumlah rumah warga yang berada dekat lokasi ledakan rusak parah akibat dentuman ledakan.

Ledakan terdengar sekitar pukul 22.40 WIB, dan informasinya berasal dari dalam Kilang Pertamina RU II. Pantauan Tribun dari lokasi, akses menuju kilang ditutup.

Petugas berjaga-jaga di Jalan Putri Tujuh yang menjadi akses menuju kilang.

Baca juga: Kapolres Dumai Sebut Ledakan Kilang Pertamina Dumai Berasal dari Dapur dalam Kilang

Seorang warga yang tinggal dekat lokasi kilang mengatakan bahwa ledakan dahsyat membuat rumahnya dan tetangganya berantakan.

Belum ada informasi jumlah korban jiwa dalam musibah ledakan yang bersumber dari dalam Kilang Pertamina Internasioanl RU II Dumai tersebut.

Sejumlah warga yang tinggal dekat area Kilang Pertamina tampak panik dan takut terjadinya ledakan susulan dari dalam kilang.

"Kami kaget mendengar ledakan dan berhamburan keluar rumah, sebab kaca rumah saya ikut pecah," ujar Bobby warga Kelurahan Tanjung Palas, yang tempatnya tinggalnya tak jauh dari kilang.

Belum diketahui pasti, apa yang meledak dan penyebab ledakan yang terjadi. Namun dari rekaman video yang beredar di luar kilang terlihat kobaran api besar dari dalam kilang.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas