Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Menhub: H+4 Lebaran, 55,8 Persen Kendaraan Belum Kembali Ke Jakarta

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mencatat, jumlah kendaraan yang belum kembali ke Jakarta melalui Tol Trans Jawa sekitar 55,8 persen

Penulis: Nitis Hawaroh
Editor: Hendra Gunawan
zoom-in Menhub: H+4 Lebaran, 55,8 Persen Kendaraan Belum Kembali Ke Jakarta
Nitis Hawaroh/Tribunnews.com
Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi dalam peninjauan di Gerbang Tol Cikampek Utama KM 70, Kamis (27/4/2023). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Nitis Hawaroh

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mencatat, jumlah kendaraan yang belum kembali ke Jakarta melalui Tol Trans Jawa sekitar 55,8 persen, terhitung pada H+4 Lebaran atau Kamis (27/4/2023).

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan, masyarakat sebaiknya menghindari perjalanan balik pada Minggu dan Senin atau 30 April dan 1 Mei 2023. Pasalnya, tanggal tersebut diprediksi menjadi puncak arus balik kedua.




"Kita masih ada 5 hari lagi sampai dengan tanggal 1 Mei 2023 nanti untuk menjaga kelancaran arus balik. Karena masih ada Lebaran Kupat di Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Madura yang jatuh di hari Minggu (30/4) nanti, maka kecenderungannya masyarakat akan melakukan perjalanan balik di hari Minggu atau Senin depan," kata Menhub Budi, dalam keterangannya, Kamis.

Baca juga: Di Tengah Arus Balik, Hari Ini 23.500 Orang Tinggalkan Jakarta Melalui Stasiun Gambir & Pasar Senen

Menhub Budi turut memprediksi adanya pergerakan kendaraan, khususnya di kawasan aglomerasi seperti Jakarta, Bandung, dan sekitarnya pada akhir pekan ini.

Hal tersebut kata dia, akan menambah jumlah pergerakan kendaraan yang berpotensi terjadi kemacetan total jika dibiarkan.

Untuk itu, Menhub mengimbau masyarakat untuk memanfaatkan perjalanan balik mulai Kamis, Jumat, serta Sabtu atau 27 sampai 29 April 2023, untuk menghindari kepadatan di puncak arus balik pada Minggu dan Senin mendatang.

Terlebih kata dia, pada tanggal tersebut Jasa Marga memberikan tarif diskon sebesar 20 persen untuk sekali perjalanan.

BERITA TERKAIT

"Selama tiga hari ini, Jasa Marga memberikan diskon tarif tol 20 persen. Manfaatkan tiga hari ke depan untuk perjalanan balik, jangan di hari Minggu atau Senin," ungkapnya.

Di sisi lain, Menhub Budi memaparkan, rekayasa lalu lintas seperti contra flow, one way, serta rekayasa lainnya masih akan terus dilakukan sampai akhir pekan, dengan tetap melihat situasi dan kondisi lapangan.

Baca juga: Kakorlantas Polri: 55,8 Persen Kendaraan Belum Kembali ke Jakarta saat Arus Balik

"Beberapa hari ke depan masih ada ujian yang harus dilewati. Kalau ini berjalan lancar hingga tanggal 1 Mei nanti, Insyaallah harapan mudik yang aman dan berkesan ini bisa terwujud," ucap dia.

Terakhir, Ia juga mengingatkan masyarakat untuk memastikan saldo kartu elektronik pembayaran tol masih mencukupi, sehingga tidak menimbulkan antrean karena harus mengisi saldo di gerbang tol.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas