Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

OJK Dorong Literasi Keuangan Syariah Lewat Indonesia Sharia Financial Olympiad 2023 

Indonesia Sharia Financial Olympiad 2023 ini menjadi bentuk komitmen OJK dalam mengembangkan ekonomi keuangan syariah di Indonesia.

Penulis: Nitis Hawaroh
Editor: Choirul Arifin
zoom-in OJK Dorong Literasi Keuangan Syariah Lewat Indonesia Sharia Financial Olympiad 2023 
Tribunnews/Nitis
Kepala Eksekutif Pengawas OJK Friderica Widyasari Dewi di konferensi pers Indonesia Sharia Financial Olympiad (ISFO) 2023 di Jakarta, Senin (22/5/2023). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Nitis Hawaroh

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menggelar Indonesia Sharia Financial Olympiad (ISFO) 2023 untuk mendorong ekonomi keuangan syariah di Indonesia.

Kepala Eksekutif Pengawas Perilaku Pelaku Usaha Jasa Keuangan, Edukasi dan Perlindungan Konsumen OJK, Friderica Widyasari Dewi mengatakanupaya tersebut sejalan dengan kebijakan pemerintah menjadikan Indonesia pusat ekonomi dan keuangan syariah dunia.




"Kita punya fokus mengembangkan ekonomi dan keuangan syariah di Indonesia. Sebagai negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia, tentu kita harus mengembangkan ekonomi keuangan syariah ini menjadi salah satu utama juga," ujar Friderica di acara ISFO, Jakarta, Senin (22/5/2023).

"Karena ini sesuai dengan yang ditetapkan oleh pemerintah Indonesia, menjadi baik dalam hub maupun pusat ekonomi dan keuangan syariah di dunia," jelasnya.

Dikatakan Friderica, literasi dan inklusi keuangan syariah masih perlu didorong. Hal tersebut sejalan dengan data literasi ekonomi keuangan syariah hanya mencapai 9,1 persen. Menurutnya, nilai tersebut jauh lebih kecil dibandingkan literasi keuangan umum.

"Sebagai perbandingan, kalo literasi keuangan secara umum sudah mencapai 50 persen, inklusi nya 80 persen. Tapi untuk syariah masih jauh, literasi 9 persen inklusi masih 12 persen," ucap dia.

BERITA TERKAIT

"Jadi ini terus kita dorong sebagai bentuk komitmen kita semua dalam pengembangan sektor jasa keuangan di Indonesia, terutama sektor jasa keuangan syariah di Indonesia," paparnya.

Baca juga: Bank Sinarmas Dorong Inklusi Keuangan Syariah Melalui QRIS

Friderica menambahkan, pelaksanaan Indonesia Sharia Financial Olympiad 2023 ini menjadi bentuk komitmen OJK dalam mengembangkan ekonomi keuangan syariah.

"Kalau kita lihat dari seluruh peserta tadi dari tingkat SMK dan Universitas luar biasa mereka cerdas-cerdas. Saya yakin kita smua optimis kalo melihat generasi muda kayak gini, kedepan pengembangan ekonomi dan keuangan syariah bisa lebih maju," tegasnya.

Baca juga: POJK Soal UUS Belum Terbit, Allianz Life Indonesia Tetap Spin Off Unit Syariah di Kuartal III

Untuk diketahui, program Indonesia Sharia Financial Olympiad 2023 merupakan kolaborasi OJK dengan Ikatan Ahli Ekonomi Syariah (IAES) bank Indonesia (BI) dan beberapa perbankan syariah.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Terkait

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas