Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Bicara dengan Diaspora di Malaysia, Mendag Yakin Indonesia Masuk Negara Ekonomi Terbesar Dunia

Mendag Zulkifli Hasan bersilaturahmi dengan diaspora Indonesia di sela-sela kunjungan kerjanya di Kuala Lumpur, Malaysia, Rabu (7/6/2023) malam.

Penulis: Danang Triatmojo
Editor: Theresia Felisiani
zoom-in Bicara dengan Diaspora di Malaysia, Mendag Yakin Indonesia Masuk Negara Ekonomi Terbesar Dunia
Ist
Menteri Perdagangan (Mendag) RI, Zulkifli Hasan silaturahmi dengan diaspora Indonesia di sela kunjungan kerjanya di Kuala Lumpur, Malaysia, pada Rabu (7/6/2023) malam. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Perdagangan (Mendag) RI, Zulkifli Hasan bersilaturahmi dengan diaspora Indonesia di sela-sela kunjungan kerjanya di Kuala Lumpur, Malaysia, pada Rabu (7/6/2023) malam.

"Malam ini Mendag Zulkifli Hasan ada agenda tambahan silaturahmi dengan diaspora Indonesia di Kuala Lumpur," kata Zulhas dalam keterangannya.

Dalam perbincangan bersama puluhan WNI yang bekerja dan menempuh pendidikan di Negeri Jiran, mantan Menteri Kehutanan itu menitipkan pesan agar diaspora Indonesia harus bangga menjadi perwakilan atau duta Merah Putih.

Pasalnya Indonesia dalam beberapa tahun ke depan diyakini bisa masuk ke peringkat 9 besar negara ekonomi terbesar dunia.

"Pesan saya kepada adik-adik, kepada anak-anakku, pelajar yang ada di Malaysia, banggalah kalian menjadi duta-duta Merah Putih, duta-duta Indonesia, karena kita sekarang menjadi negara nomor 16 besar di dunia, yang insyaallah beberapa tahun mendatang akan menjadi ekonomi terbesar kesembilan di dunia," katanya.

Baca juga: Mendag Zulhas Temui Menteri Malaysia Bahas Rencana Kerja Sama Perdagangan di Perbatasan

Ketua Umum PAN ini turut mengingatkan para diaspora Indonesia, khususnya yang masih berstatus pelajar untuk menempuh pendidikan secara sungguh-sungguh.

"Kalau anak-anakku sungguh-sungguh bisa menjadi apa saja di Tanah Air kita. Kita negara demokrasi, apapun background kita, kita bisa menjadi apa saja," jelas dia.

BERITA REKOMENDASI

Zulhas kemudian mencontohkan dirinya yang merupakan anak seorang petani di kampung, kini berhasil menjadi menteri. Selain itu ia juga pernah menjabat Ketua MPR.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) lanjut Zulhas, dahulunya merupakan pengusaha mebel, namun kini bisa menjadi wali kota, gubernur hingga presiden.

"Pendek kata anak-anakku bisa menjadi apa saja. Oleh karena itu belajarlah sungguh-sungguh. Tidak banyak anak-anak yang bisa seberuntung kalian belajar di negeri orang. Banyak di tempat kita yang mungkin tidak dapat kampus sebaik saudara-saudara yang ada di sini, anak-anakku yang ada di sini," kata Zulhas.

Baca juga: Mendag Akui Ada Perbedaan Nilai Utang Rafaksi Minyak Goreng

Sebagai informasi Zulhas berada di Malaysia dalam rangka kunjungan kerja pada Rabu (7/6) hingga Kamis (8/6).

Agenda Zulhas pada hari pertama dimulai dengan melakukan pertemuan bilateral dengan Menteri Investasi, Perdagangan dan Industri Malaysia Tengku Datuk Seri Utama Zafrul Bin Tengku Abdul Aziz.

Selanjutnya meresmikan pembukaan Domart, minimarket pertama di Malaysia yang menjual 100 persen produk Indonesia, hingga menyambut kedatangan Presiden Jokowi di Kuala Lumpur.

Pada Kamis (8/6), Zulhas akan mendampingi perjalanan Presiden Jokowi menemui PM Malaysia Anwar Ibrahim.

Kemudian menandatangani Border Trade Agreement (BTA) Indonesia-Malaysia bersama Menteri Investasi, Perdagangan dan Industri (MITI) Malaysia Tengku Datuk Seri Utama Zafrul Bin Tengku Abdul Aziz.

Lalu mendampingi Jokowi mengunjungi Pasar Chow Kit (Jalan Raja Alang) bersama PM Malaysia dan MITI.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas