Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Jumlah Penumpang Transportasi Domestik Naik Selama Periode Mei 2023, BPS Ungkap Penyebabnya

Kenaikan jumlah penumpang transportasi udara domestik disebabkan permintaan yang meningkat di tengah periode pemulihan industri

Penulis: Nitis Hawaroh
Editor: Hendra Gunawan
zoom-in Jumlah Penumpang Transportasi Domestik Naik Selama Periode Mei 2023, BPS Ungkap Penyebabnya
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Penumpang mengantre untuk naik pesawat di Terminal 1 Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Nitis Hawaroh

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat terjadi kenaikan jumlah penumpang di semua moda transportasi domestik pada periode Mei 2023.

Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa, Pudji Ismartini mengatakan, peningkatan itu terjadi meliputi transportasi udara, perkeretaapian maupun angkutan barang.

"Pada Mei 2023 terjadi kenaikan jumlah penumpang pada semua moda transportasi, kecuali pada moda angkutan laut domestik," kata Pudji dalam rilis BPS, Senin (3/7/2023).

Baca juga: BPS: Inflasi Juni Sentuh 3,52 Persen, Tarif Transportasi Jadi Pemicu Utama

Dikatakan Pudji, kenaikan jumlah penumpang transportasi udara domestik disebabkan permintaan yang meningkat di tengah periode pemulihan industri penerbangan.

Jumlah penumpang angkutan udara domestik pada Mei 2023 mencapai 5.70 juta orang, naik 13,61 persen secara month to month (MtM) atau lebih tinggi dibandingkan April 2023 5,02 juta orang.

Pudji menyatakan, kenaikan jumlah penumpang juga terjadi pada moda transportasi angkutan udara rute Internasional yaitu 14,40 persen secara MtM atau mencapai 1.26 juta orang pada Mei 2023.

BERITA TERKAIT

Hal itu didorong oleh keberangkatan rombongan calon jemaah haji kelompok terbang (Kloter) pertama yang sudah dimulai pada akhir Mei 2023.

"Serta adanya beberapa event Internasional seperti misalnya Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN," tuturnya.

Selain itu, Pudji menambahkan, moda transportasi angkutan kereta api pada Mei 2023 turut mengalami kenaikan mencapai 30.53 juta orang, atau naik 7,80 persen secara MtM.

Kata dia, hal tersebut disebabkan adanya peningkatan jumlah pengguna Kereta Rel Listrik (KRL) Jabodetabek.

"Ini disebabkan seiring dengan berakhirnya masa libur panjang lebaran dan masyarakat juga sudah mulai kembali beraktivitas," ungkapnya.

Sedangkan jumlah angkutan barang lanjut Pudji, turut mengalami kenaikan secara bulanan baik pada moda angkutan laut maupun kereta api.

Angkutan barang laut domestik mencapai 29.32 juta ton pada Mei 2023, jumlah itu naik 7,76 persen secara MtM dibandingkan April 27,21 juta ton.

Baca juga: BPS: Inflasi Bulan Juni 2023 Sentuh 0,14 Persen

Angkutan barang moda kereta api mencapai 5.34 juta ton pada Mei, atau naik 4,91 persen secara MtM dibandingkan April 5.09 juta ton.

Kata dia, aktivitas distribusi barang-barang login dan aktivitas bongkar muat kembali meningkat setelah selesainya masa libur lebaran 2023.

Di sisi lain, Pudji menyampaikan, jumlah penumpang pada moda transportasi angkutan laut domestik di bulan Mei 2023 justru mengalami penurunan -5,68 persen secara MtM setelah mencapai puncaknya pada bulan april 2023.

"Namun jumlah penumpang di bulan Mei 2023 yang sebesar 1,72 juta orang ini masih lebih tinggi jika dibandingkan dengan capaian bulan Januari sampai Februari maupun Maret 2023," jelasnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas