Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

APPSI: Pasar di Jakarta Luar Biasa Sepi karena Daya Beli Masyarakat Turun

Penurunan jumlah pembeli di beberapa pasar di Jakarta seperti Tanah Abang, Jatinegara, dan Cipulir mencapai angka yang memprihatinkan.

Penulis: Endrapta Ibrahim Pramudhiaz
Editor: Seno Tri Sulistiyono
zoom-in APPSI: Pasar di Jakarta Luar Biasa Sepi karena Daya Beli Masyarakat Turun
Tribunnews/Irwan Rismawan
Pedagang melayani pembeli di Pasar Cipulir, Jakarta Selatan. Penurunan jumlah pembeli di beberapa pasar di Jakarta seperti Tanah Abang, Jatinegara, dan Cipulir mencapai angka yang memprihatinkan. 

Laporan wartawan Tribunnews.com, Endrapta Pramudhiaz

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Asosiasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia (APPSI) mengungkap, pasar-pasar di Jakarta saat ini sedang dalam kondisi mengkhawatirkan.

Ketua Bidang Hukum dan Advokasi APPSI Hasan Basri mengatakan, pasar-pasar di Jakarta saat ini sedang dalam kondisi yang luar biasa sepi.

"Sangat luar biasa sepinya dan daya beli masyarakat betul-betul sangat lemah," katanya dalam tayangan YouTube Tribunnews bertajuk Tribun Corner | Pasar Tradisional Mulai Lesu, Ada Apa? yang dikutip pada Senin (7/8/2023).

Baca juga: Pusat Perbelanjaan dan Pasar Tradisional Mulai Terjadi Kiamat Pengunjung

Ia melihat sepinya pasar di Jakarta disebabkan oleh daya beli masyarakat yang menurun. Adapun penurunannya diakibatkan oleh pandemi Covid-19.

"Penurunan daya beli masyarakat ini semenjak masuknya covid. Di awal 2020, covid datang, terjadilah daya beli yang semakin menurun dan kondisi ekonomi juga semakin menurun," kata Hasan.

"Sehingga, produktivitas masyarakat di kehidupan sehari-hari khususnya di dalam pasar juga menurun," lanjutnya.

BERITA TERKAIT

Setelah terjadi penurunan tersebut, Hasan mengatakan, sebenarnya masih ada masyarakat yang daya belinya tinggi berkat tabungan yang cukup.

Namun, setelah dua tahun, tabungan mulai habis, berujung pada daya beli yang menurun. Para pedagang juga mulai kehabisan stok jualan.

"Jadi memang ini menjadi akumulasi penurunan dari segala sisi, berakibat masyarakat memiliki daya beli yang sangat rendah sekali," ujar Hasan.

Penurunan jumlah pembeli di beberapa pasar di Jakarta seperti Tanah Abang, Jatinegara, dan Cipulir mencapai angka yang memprihatinkan.

Hasan mengatakan, jumlah pembeli berkurang drastis mencapai 70-80 persen. Bahkan, ada penjual yang dalam sepekan bisa tak mendapatkan pembeli.

"Ada yang satu minggu sampai dua minggu tidak laris. Di Tanah Abang itu sudah biasa kita merasakan satu minggu tidak laris. Biasanya satu hari itu bisa laris puluhan juta, bahkan bisa lebih, tapi sekarang satu minggu itu bisa dikatakan tidak ada pembeli," katanya.

Sebelumnya, Tribunnews sempat mengunjungi Pasar Tanah Abang Blok G. Kondisinya tampak sepi dan memprihatinkan.

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas