Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

OPEC+ Pangkas Pasokan Hingga Tahun 2024, Cadangan Minyak Dunia Terancam Menipis

OPEC+ memangkas pasokan minyak mentah dan memicu pasokan minyak dunia terancam menyusut ke level terendah pada tahun 2024.

Penulis: Namira Yunia Lestanti
Editor: Choirul Arifin
zoom-in OPEC+ Pangkas Pasokan Hingga Tahun 2024, Cadangan Minyak Dunia Terancam Menipis
Arab News
OPEC+ memangkas pasokan minyak mentah dan memicu pasokan minyak dunia terancam menyusut ke level terendah pada tahun 2024. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com Namira Yunia Lestanti

TRIBUNNEWS.COM, NEW YORK – Pasokan minyak dunia terancam menyusut ke level terendah pada tahun 2024. Ancaman tersebut mencuat setelah organisasi negara-negara pengekspor minyak bumi bersama sekutunya, atau biasa disebut OPEC+ memotong pasokan minyak di sisa tahun ini.

OPEC+ memangkas pasokan minyak mentah setelah sejumlah negara pengekspor sepakat memotong volume ekspor minyak mentahnya ke pasar global menjadi 2,2 juta barel per hari (bpd) pada kuartal ketiga dan 1,2 juta bpd pada kuartal keempat.

Langkah tersebut disahkan Arab Saudi, Irak, Uni Emirat Arab,Kuwait Oman, Aljazair, Kazakhstan dan Rusia dengan maksud untuk membantu memulihkan pasokan minyak mentah dalam negeri seperti cadangan minyak Arab Saudi yang telah anjlok 910.000 barel per hari.

“Kami Organisasi Negara Pengekspor Minyak mulai membatasi pasokan dan memperpanjang pembatasan pasokan hingga 2024, untuk menstabilkan cadangan minyak dalam negeri,” jelas juru bicara OPEC+.

Namun tindakan OPEC+ telah memicu ancaman baru, Badan Energi Internasional (IEA) mengatakan pemotongan pasokan OPEC+ dapat mengikis persediaan minyak, ditengah lonjakan peningkatan penggunaan minyak dalam pembangkit listrik, dan aktivitas petrokimia Tiongkok yang melonjak.

Apabila ancaman tersebut terus terjadi maka berpotensi mendorong harga minyak dunia dipatok lebih tinggi pada awal tahun 2024.

BERITA TERKAIT

Seperti Brent yang saat ini telah mengalami kenaikan menjadi di 86,47 dolar AS per barel pada pukul 00.17 GMT, sementara minyak mentah berjangka West Texas Intermediate Crude (WTI) AS naik jasi 82,94 dolar AS per barel.

Baca juga: Harga Minyak Mentah Merosot 1,5 Persen Lebih di Tengah Kekhawatiran Melemahnya Ekonomi China

“Prospek ekonomi global khususnya di industri manufaktur akan terpukul akibat pembatasan ini, menambah beban pasar global yang lesu akibat terpukul lonjakan suku bunga dan kredit bank yang lebih ketat, ” kata IEA.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas