Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Luhut: Elon Musk Tunda Investasi Tesla untuk 1,5 Tahun Ini

Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, Indonesia dinilai sebagai negara prioritas bagi Elon Musk untuk menanamkan investasinya.

Penulis: Nitis Hawaroh
Editor: Choirul Arifin
zoom-in Luhut: Elon Musk Tunda Investasi Tesla untuk 1,5 Tahun Ini
Ist
Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Nitis Hawaroh

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, Indonesia dinilai sebagai negara prioritas bagi Elon Musk untuk menanamkan investasinya.

"Mereka (Elon Musk) melihat Indonesia sebagai prioritas mereka untuk investasi," kata Menko Luhut di Istana, dikutip Selasa (15/8/2023).




Menurut Menko Luhut, Elon Musk menunda semua investasinya dalam kurun waktu 1,5 tahun ini. Hal itu dia ungkap setelah melakukan pertemuan dengan Elon beberapa waktu lalu.

"Tesla itu sementara karena mereka pertimbangan dari Elon, mengatakan bahwa investasi mereka akan ditunda untuk di seluruh dunia selama setahun setengah ini," ujarnya.

Di sisi lain, dikutip dalam akun Instagram resminya, Menko Luhut bilang, Elon Musk khawatir ekonomi global tengah dalam kondisi yang tidak baik-baik saja. Terlebih ketegangan antara Amerika Serikat dan Tiongkok masih terjadi.

Kata Luhut, Elon enggan mengambil risiko dalam bisnisnya. Meskipun Luhut menegaskan ekonomi Indonesia tengah dalam posisi yang baik.

BERITA TERKAIT

Sehingga, Elon Musk mengurungkan niat investasi Tesla Inc di Indonesia. Bahkan, Luhut menegaskan Elon tidak melakukan investasi di negara manapun.

Baca juga: Tesla Tak Jadi Investasi di Indonesia Meski Sudah Dirayu Menteri hingga Presiden Jokowi

"Sehingga dia (Elon) dengan boardnya memutuskan tidak investasi kemana-mana dulu. Saya ulangi tidak investasi kemana-mana dulu. Seperti yang saya sampaikan tadi di Meksiko pun dia menunda produksi di sana," kata Luhut dalam video di Instagramnya.

Baca juga: Menko Marves Luhut Umumkan Elon Musk Batal Investasi Tesla di Indonesia, Ini Penyebabnya

Di sisi lain, Menko Luhut mengatakan bahwa Tesla saat ini mengalami kelebihan produksi. Dari 3 juta produksi baru terserap 1,8 juta. Sehingga Elon memutuskan tidak ingin nasibnya seperti General Motors (GM).

"Jadi investasi di Meksiko pun di hold dulu tidak berproduksi sampai mereka memahami pasar ini," ungkapnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas