Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Aizen dan Lazada Logistic Kerjasama Penyediaan Pembiayaan Motor Listrik untuk Kurir

Saat ini kurir Lazada Logistics yang sudah menggunakan motor EV tersebar di area Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi.

Penulis: Eko Sutriyanto
Editor: Choirul Arifin
zoom-in Aizen dan Lazada Logistic Kerjasama Penyediaan Pembiayaan Motor Listrik untuk Kurir
handout
Kerjasama Aizen startup asal Korea Selatan dengan Lazada Logistics untuk penyediaan pembiayaan pembelian sepeda motor listrik ke mitra kurir.   

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Eko Sutriyanto

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Selain tantangan infrastruktur dan pendidikan, industri kendaraan listrik juga menghadapi kendala pembiayaan kendaraan listrik.

Uang muka dan nilai suku bunga untuk kendaraan listrik umumnya lebih tinggi dengan tenor pinjaman yang lebih pendek dibandingkan pembiayaan untuk kendaraan berbahan bakar fosil serta berbagai faktor menjadi pertimbangan seperti hadirnya merk baru kendaraan listrik serta jenis kendaraan EV.




Kondisi ini mendorong Aizen, startup asal Korea Selatan yang berfokus pada layanan finansial berbasis kecerdasan buatan (AI), menjalin kerjasama dengan Lazada Logistics, melalui penyediaan EV-CreditConnect, layanan perbankan AI yang disesuaikan untuk peminat EV.

Aizen akan bermitra dengan Sunindo Kookmin Best Finance menghubungkan pembeli dengan pemberi kredit serta menawarkan solusi pembiayaan yang inovatif untuk kepemilikan EV kepada mitra kurir Lazada Logistics.

Kolaborasi ini akan memudahkan proses pembiayaan dalam mendapatkan tingkat persetujuan pinjaman yang tinggi, serta suku bunga yang kompetitif melalui program Vehicle Ownership Program (VOP).

Dengan demikian, kurir Lazada Logistics berkesempatan memiliki EV langsung atas nama mereka, sehingga pada saat masa cicilan selesai mereka sudah memiliki aset sendiri.

BERITA TERKAIT

Damien Ngai, Country Manager Aizen Indonesia menyatakan, dengan memperkenalkan layanan keuangan berbasis AI yang mempercepat pengambilan keputusan kredit di pasar EV di Indonesia dan telah berkontribusi pada Greener Finance.

Baca juga: Konversi Motor Listrik Masih Sepi Peminat, Banyak Yang Mengundurkan Diri, Ini Penyebabnya

Sinergi ini merupakan langkah konkrit dalam mendukung salah satu roadmap Indonesia dalam pengembangan industri kendaraan bermotor listrik di era elektrifikasi.

"Ke depannya, diharapkan motor listrik akan semakin mudah diakses oleh masyarakat Indonesia dan menjadi alternatif transportasi yang lebih ramah lingkungan dan efisien di masa depan,” katanya.

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta berharap penggunaan kendaraan berbasis listrik dapat diimplementasikan di seluruh operasional secara bertahap dalam menciptakan Jakarta sebagai kota yang berkelanjutan.

Baca juga: Daftar Motor Listrik Subsidi Murah, Harga di Bawah Rp 10 Juta

Dengan hadirnya kendaraan listrik berbasis baterai diharapakan dapat menurunkan angka polusi udara.

Chief Logistics Officer Lazada Indonesia Philippe Auberger menyebut, kolaborasi dengan Aizen untuk mendukung upaya kami mewujudkan operasional logistik yang lebih ‘hijau’.

Kerja sama ini akan memberikan akses yang lebih mudah bagi para mitra kurir kami untuk kepemilikan kendaraan listrik, yang menjadikan armada kendaraan berbasis listrik dan lebih ramah lingkungan #BlueVehicle di Lazada Logistics pun semakin besar.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas