Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Kebutuhan Industri Lokal Terhadap Cold Storage Tinggi, Gree Garap Bisnis AC Komersial

Kebutuhan industri makanan minuman hingga ritel serta industri farmasi terhadap perangkat cold storage meningkat tajam.

Penulis: Choirul Arifin
Editor: Seno Tri Sulistiyono
zoom-in Kebutuhan Industri Lokal Terhadap Cold Storage Tinggi, Gree Garap Bisnis AC Komersial
HO
Mary Chu, Product Manager dari Gree Electric Appliances Inc. of Zhuhai (kiri) saat menyampaikan materi presentasi AC komersial Gree di sesi seminar pameran Refrigeration & HVAC Indonesiadi JIExpo Kemayoran, Jakarta, Kamis, 21 September 2023. 

Laporan Wartawan Tribunnews, Choirul Arifin

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Makin berkembangnya bisnis industri makanan dan minuman olahan, sayuran dan buah hingga farmasi di Tanah Air membuat kebutuhan perangkat penyimpanan dingin atau cold storage kut meningkat tajam.

Freedy Haryadi, Technical Support Manager PT Gree Electric Appliances Indonesia mengatakan, sejak beberapa tahun terakhir, kebutuhan industri makanan minuman hingga ritel serta industri farmasi terhadap perangkat cold storage meningkat tajam.

Karena itu, perusahaannya menangkap hal tersebut sebagai peluang bagus untuk menggarapnya.

Baca juga: Investasi Baru Industri Mamin Diharapkan Tembus Rp 100 Triliun di Tahun Ini

Di pameran B2B Refrigeration & HVAC Indonesiadi JIExpo Kemayoran, Jakarta, yang berlangsung selama tiga hari sejak Kamis 21 September 2023, Gree Indonesia memperkenalkan lini perangkat cold storage dan AC komersial untuk sektor usaha skala kecil dan menengah seperti seri GIE, GMVL dan GMVY.

Untuk AC commercial GIE dirancang dengan desainmodular, memiliki teknologi perlindungan ganda, design yang dapat dikustomisasi , memiliki teknologi peralihan dan pemutusan dari jaringan secara bersamaan.

Untuk tipe GMVL, memiliki motor kipas frekuensi konversi arus searah tanpa sensor, memiliki teknologi perlindungan terhadap cairan, serta motor kipas frekuensi konversi arus searah tanpa sensor.

BERITA REKOMENDASI

Sementara, pada tipe GMVY memiliki teknologi penggerak langsung fotovoltaik dan tingkat pemanfaatan energi menyeluruh yang mencapai 99 persen, serta memiliki pengaturan pembuangan panas yang sangat rinci, dan teknologi konversi multi-saluran dan multi-arah.

"Produk produk pendinginan Gree bisa dikontrol secara tersentral dari jarak jauh termasuk dari smartphone. Dua produk yang kita rilis kali ini cocok untuk kebutuhan pendinginan di bisnis sayuran segar, buah buahan hingga produk farmasi atau obat-obatan," ungkap Mary Chu, Product Manager dari Gree Electric Appliances Inc. of Zhuhai saat menyampaikan materi presentasi di sesi seminar.

Mary Chu menjelaskan, selama ini untuk pembelian sistem pendinginan untuk industri komponennya dibeli terpisah-pisah. Hal demikian membuat bisnis tidak efisien dan hal itu kerap tak reliable alias tak bisa diandalkan sepenuhnya untuk mendukung bisnis.

"Gree menawarkan complete set pendinginan yang mencakup unit evaporating, condensing sampai ke wiring untuk control unit. Sudah dilengkapi pula dengan remote controller," ungkap Mary Chu.

Sistem ini diproduksi berbarengan dan sudah melalui proses pengujian sehingga tidak ada masalah pada sistem komunikasi kontrol unitnya. Proses instalasi menjadi mudah dan cepat.

Dijelaskan, tipe AC komersial yang dipasarkan adalah R410A cocok untuk storage skala kecil dan middle. Karena dioperasikan menyala 24 jam setiap hari, unit cold storage 5 PK konsumsi listriknya diklaim sangat hemat.

Penghematan yang didapat dari biaya listriknya bisa digunakan untuk membeli unit baru setelah digunakan dalam pemakaian 1 tahun.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas