Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Leica Geosystems Indonesia Berpartisipasi di Pemetaan Pembangunan IKN Nusantara

Teknologi Airborne mapping platform membantu pemetaan dan survei sejak rencana awal proyek IKN Nusantara.

Penulis: Choirul Arifin
Editor: Seno Tri Sulistiyono
zoom-in Leica Geosystems Indonesia Berpartisipasi di Pemetaan Pembangunan IKN Nusantara
HO
Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa (ketiga dari kiri) di penyelenggaraan HxGN LIVE Indonesia 2023 yang digelar Leica Geosystems Indonesia di Jakarta, 7 dan 8 November 2023. 

Laporan Wartawan Tribunnews, Choirul Arifin

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Leica Geosystems Indonesia, bagian dari Hexagon Global, turut berpartisipasi di pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur.

Faheem Khan, President Asia dari Hexagon Geosystems menjelaskan, teknologi mapping platform Airborne dari Leica Geosysten dan Hexagon digunakan untuk membuat pemetaan aerial/wilayah pada proyek IKN Nusantara sebelum proses konstruksi dimulai.

Dia mengatakan, teknologi Airborne mapping platform yang dimiliki perusahaanya membantu pemetaan dan survei sejak rencana awal proyek IKN Nusantara, jauh sebelum pembangunan fase pertama proyek IKN Nusantara.

Baca juga: 10 Proyek Bakal Groundbreaking di IKN Pada Desember 2023, Ada Hotel Hingga Pacuan Kuda

"Karena dalam membangun sebuah kota banyak elemen dan beragam aspek penting yang perlu diketahui, dan teknologi kami sangat tepat proyek ini,” tutur Faheem di sela acara HxGN LIVE Indonesia 2023 yang diselenggarakan Leica Geosystems Indonesia, selama dua hari di jakarta, pada 7 dan 8 November 2023.

HxGN LIVE Indonesia 2023 merupakan event pertama yang diselenggarakan di Asia Tenggara dan menjadi gelaran digital reality dan geospasial untuk unjuk kecanggihan teknologi pengukuran, pemetaan dan survei, diikuti lebih dari 40 pembicara dari dalam dan luar negeri.

Hexagon sendiri merupakan market leader di bisnis sensor, perangkat lunak, dan solusi otonom, di pasar global. Teknologi yang dikembangkan Hexagon mampu memanfaatkan data yang didapat dari real world untuk meningkatkan efisiensi, produktivitas, dan kualitas di seluruh aplikasi industri, manufaktur, infrastruktur, dan keselamatan.

BERITA TERKAIT

Teknologi dari Hexagon dapat membentuk ekosistem perkotaan dan produksi sehingga masing-masing sektor menjadi semakin terhubung secara mandiri serta memastikan pembangunan masa depan yang terukur dan berkelanjutan.

Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa, mengatakan, ketersediaan data dari segi perencanaan itu sangat penting, dimana kami sebagai Badan Perencanaan Pembangunan Nasional selain harus membuat rencana juga harus memonitor hingga mengevaluasi.

"Data yang akurat itu tentu harus mutakhir, lengkap, kredibel dan dapat diakses. Karena itu penggunaan data harus sedemikian rupa menjadi bagian dari inklusivitas kemudian harus dapat dibuka untuk dapat dikolaborasikan,” ungkap Suharso.

Suharso juga menyampaikan 3 poin penting pemanfaatan big data dan artificial intelligence (AI) seperti prediksi perubahan iklim, prediksi bencana (banjir, gempa, kekeringan) dengan lebih akurat dan ekonomi inklusif dengan memajukan UMKM.

“Karena itu penggunaan data harus sedemikian rupa menjadi bagian dari inklusivitas kemudian harus dapat dibuka untuk dapat dikolaborasikan,” ujarnya.

Hari pertama penyelenggaraan HxGN LIVE Indonesia 2023 diikuti 519 perserta dari beragam profesi hingga instansi dari berbagai industri, seperti pemerintahan, infrastruktur, konstruksi, pertambangan, minyak dan gas, perkebunan, hingga akademisi.

Acara dibuka oleh Presiden Hexagon Geosystems, Thomas Harring, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional sekaligus Kepala Bappenas Suharso Monoarfa, serta Kepala Badan Informasi Geospasial, Prof. Muh Aris Marfai, yang menjadi pembicara kunci.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas