Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Ekonomi China Ngaruh Banget Bagi Indonesia, Melambat 1 Persen, Pertumbuhan RI Merosot 0,3 Persen

Jika pertumbuhan ekonomi China melambat 1 persen, akan berdampak pada pengurangan pertumbuhan ekonomi Indonesia 0,3 persen.

Editor: Choirul Arifin
zoom-in Ekonomi China Ngaruh Banget Bagi Indonesia, Melambat 1 Persen, Pertumbuhan RI Merosot 0,3 Persen
Kompas/Pramdia Arhando Julianto
Ekonom senior M Chatib Basri. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Selain Amerika Serikat, perekonomian Indonesia semakin bergantung pada China. Perlambatan pertumbuhan ekonomi di negeri Panda tersebut akan berimbas langsung pada pelemahan pertumbuhan ekonomi di Indonesia.

Ekonom senior M Chatib Basri meyakini perekonomian China akan cenderung melambat. Berdasar hitung-hitungannya, jika pertumbuhan ekonomi China melambat 1 persen, akan berdampak pada pengurangan pertumbuhan ekonomi Indonesia 0,3 persen.

“Ekonomi China melambat dari 5,2 persen yoy menjadi 4,5 persen yoy, atau ada perlambatan sekitar 0,7 persen, sehingga, ekonomi Indonesia mungkin tergerus kurang dari 0,3 persen,” tutur Chatib dalam acara BTPN Economic Outlook 2024 di Jakarta, Rabu (22/11/2023).

Dampak pertumbuhan ekonomi China ke Indonesia ini disebabkan oleh China yang merupakan mitra dagang terbesar di Indonesia.

Bila ekonomi China melambat, maka ekspor Indonesia ke China akan berkurang. Sehingga ini akan mengurangi kinerja ekspor dan bermuara pada pelemahan pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Baca juga: BSI Proyeksikan Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 5 Persen di Akhir 2023

Selain berdampak langsung pada pertumbuhan ekonomi Indonesia, kinerja perekonomian China juga akan mempengaruhi perekonomian banyak negara di ASEAN.

Ini juga karena China merupakan mitra dagang dari negara-negara di kawasan Asia Tenggara tersebut.

BERITA REKOMENDASI

Laporan reporter: Bidara Pink | Sumber: Kontan

Sumber: Kontan
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas