Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Menparekraf Sandiaga Uno Ingatkan Wisatawan Untuk Waspadai Erupsi Gunung Ruang

Kemenparekraf telah melakukan mitigasi manajemen krisis, untuk memberi imbauan kepada para wisatawan untuk mewaspadai erupsi Gunung Ruang.

Penulis: Dennis Destryawan
Editor: Sanusi
zoom-in Menparekraf Sandiaga Uno Ingatkan Wisatawan Untuk Waspadai Erupsi Gunung Ruang
Dennis Destryawan/Tribunnews.com
Menparekraf Sandiaga Uno dan Wamenparekraf Angela Tanoesoedibjo di Kantor Kemenparekraf, Jakarta Pusat, Jumat (19/4/2024). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Dennis Destryawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengimbau para wisatawan untuk mewaspadai erupsi Gunung Ruang di Sulawesi Utara.

"Kita imbau semua wisatawan untuk bersiap siaga hati-hati karena gangguan bencana alam ada sekitar kita, tapi kita tetap berwisata tentunya dengan penuh kehati-hatian," ujar Sandiaga di Kantor Kemenparekraf, Jakarta Pusat, Jumat (19/4/2024).

Baca juga: Kata Pj Bupati Sitaro soal Situasi Terkini Gunung Ruang, Minta Masyarakat Tetap Waspada

Kemenparekraf telah melakukan mitigasi manajemen krisis. Terutama untuk memberi imbauan kepada para wisatawan untuk mewaspadai terjadinya erupsi Gunung Ruang.

"Tetap waspada Alhamdulillah kemarin mitigasi manajemen krisis kita berfungsi dan komunikasi berjalan baik," tutur Sandiaga.

Sebelumnya, Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mencatat Gunung Ruang di Kabupaten Kepulauan Sitaro, Sulawesi Utara, erupsi eksplosif hingga beberapa kali.

Tanggal 17 April pukul 18.00 WITA kembali tercatat erupsi di Gunung Ruang, kemudian di tanggal yang sama pukul 20.15 WITA terjadi erupsi menerus.

Pada saat erupsi tanggal 17 April 2024 pukul 20.15 WITA, visual di Pulau Ruang teramati erupsi eksplosif disertai dengan lontaran material pijar disertai awan panas yang mengakibatkan hujan batu dan pasir di Pulau Tagulandang.

Baca juga: Erupsi Gunung Ruang, Indonesia AirAsia Batalkan Penerbangan ke Kinabalu

BERITA TERKAIT

Aktivitas erupsi menerus tersebut juga terekam di stasiun seismik di Gunung Karangetang (Pulau Siau/Kabupaten Kepulauan Sitaro), Gunung Awu (Kabupaten Kepulauan Sangihe), Soputan (Kabupaten Minahasa Tenggara), Tangkoko (Kota Bitung), Lokon dan Mahawu di Kota Tomohon.

Rekaman erupsi yang berasal dari Gunung Ruang di stasiun Gunung Awu, Soputan, Tangkoko, dan Mahawu mulai mereda pada tanggal 18 April 2024 pukul 02.50 WITA.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Terkait

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas