Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Menko Luhut: Pembangunan IKN Ditargetkan Mencapai 80 Persen pada Agustus 2024

Luhut bilang pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) di Kalimantan Timur akan mencapai sekitar 80 persen pada Agustus mendatang.

Penulis: Nitis Hawaroh
Editor: Sanusi
zoom-in Menko Luhut: Pembangunan IKN Ditargetkan Mencapai 80 Persen pada Agustus 2024
Kemenko Marves
Menko Marves Luhut B. Pandjaitan melakukan peninjauan di Ibu Kota Nusantara (IKN) pada Selasa (7/4). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Nitis Hawaroh

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) di Kalimantan Timur akan mencapai sekitar 80 persen pada Agustus mendatang.

"Jadi kami dengan PUPR (Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat) beserta tim terkait sudah meninjau, dengan mungkin masih ada beberapa pending-pending issue dan berbagai teknis-teknis kita bahas," kata Luhut dalam keterangannya, Selasa (7/5/2024).

Baca juga: Denmark Jajaki Investasi di IKN dan Kawasan Penyangga

"Namun tadi dilihat jalan tol sudah hampir selesai semua, memang masih sedikit-sedikit jalan yang kurang bagus, tapi saya kira itu masalah proses dan 80 persen sudah bisa selesai sampai kepada bulan Agustus ini," imbuhnya.

Menko Luhut juga menyebut bahwa pelaksanaan upacara Kemerdekaan 17 Agustus nanti benar-benar bisa dilaksanakan. Rencananya, Presiden RI Joko Widodo bakal melaksanakan upacara kemerdekaan RI di IKN.

"Kita berharap 17 Agustus nanti, upacara akan bisa dilakukan di sini, dan bukan hanya tol saja, tapi yang lain-lain saya kira sudah berjalan dengan baik. Seperti airport itu akan bisa didarati, dan bisa mengakomodasi 3 pesawat sampai tanggal 17 Agustus nanti. Tapi untuk semua ya nanti selesai kira-kira setahun lagi selesai," jelasnya.

Untuk diketahui, Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan melakukan peninjauan di Ibu Kota Nusantara (IKN) pada Selasa (7/4).

Baca juga: Mantan Bupati Sebut Kabupaten Tabalong Siap Menjadi Daerah Penyangga IKN

BERITA TERKAIT

Lokasi yang ditinjau Menko Luhut antara lain Tol Akses IKN segmen 5A, Dermaga Logistik IKN, Bandara VVIP IKN, Istana Negara, Lapangan Upacara, Plaza Seremoni, serta Kantor Kementerian Koordinator.

Selain melakukan peninjauan, Menko Luhut juga melaksanakan rapat bersama Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengenai progres pembangunan IKN ke depannya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas