Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis
Tujuan Terkait

Dorong Ekonomi Masyarakat Penyangga IKN, Pertagas Gelar Pelatihan Produksi Pertanian di Samboja

Pertagas menyerahkan bantuan sarana prasarana pengembangan pupuk kompos dan pupuk organik cair (POC) dari limbah organik.

Penulis: Reynas Abdila
Editor: Sanusi
zoom-in Dorong Ekonomi Masyarakat Penyangga IKN, Pertagas Gelar Pelatihan Produksi Pertanian di Samboja
HO
PT Pertamina Gas (Pertagas) menggelar kegiatan peningkatan kapasitas pelaku pertanian, serta penyerahan bantuan sarana prasarana pengembangan pupuk kompos dan pupuk organik cair (POC) dari limbah organik. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Reynas Abdila

TRIBUNNEWS.COM, KUTAI KARTANEGARA – PT Pertamina Gas (Pertagas) menggelar kegiatan peningkatan kapasitas pelaku pertanian di Desa Karya Jaya Kecamatan Samboja Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.

Selain itu, perusahaan yang terafiliasi dengan PT PGN Tbk Sub Holding Gas Pertamina juga menyerahkan bantuan sarana prasarana pengembangan pupuk kompos dan pupuk organik cair (POC) dari limbah organik.

Kegiatan itu berlangsung selama tiga hari pada Rabu hingga Jumat (15-17 Mei) diikuti oleh 23 orang terdiri dari pengurus BUMDes Mitra Karya dan Kelompok Tani Pemuda dengan materi pembuatan pupuk organik cair, padat organik, fungisida dan insektisida nabati.

Baca juga: Dorong Transisi Energi, Pertagas Gandeng Pertamina Hulu Energi

Head of External Relation East Region, Yedo Kurniawan menyampaikan kegiatan ini merupakan CSR ini mendukung peningkatan ekonomi melalui BUMDes dengan memanfaatkan limbah di sekitar sebagai bahan dasar dalam pembuatan produk pertanian mandiri guna mendukung pertanian berkelanjutan.

Hadirnya pendampingan dari Pertagas menumbuhkan semangat baru bagi kelompok masyarakat dan memotivasi untuk menghadirkan produk turunan baru yang nantinya mampu bernilai jual.

Baca juga: Pertagas Niaga Pasok CNG ke Industri Keramik Jawa Tengah

Manager Communication Relations and CSR Pertagas Imam Rismanto menyampaikan pelatihan produk olahan pertanian ini merupakan salah satu program TJSL yang kita jalankan dalam aspek pemberdayaan masyarakat untuk meningkatkan nilai ekonomis dari hasil pertanian yang ada di Samboja.

BERITA TERKAIT

"Diharapkan dapat menjadi penggerak perekonomian berbasis masyarakat desa yang memberikan dampak positif dengan mengedepankan keberlangsungan ekosistem lingkungan yang ada di masyarakat”.

Baca juga: Berkat Program CSR, Pertagas Raih 2 Penghargaan di Nusantara CSR award 2023

Pelatihan peningkatan kapasitas masyarakat dan bantuan pengembangan kompos ini sejalan dengan prinsip Environmental, Social, dan Governance (ESG) serta menopang pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) atau Sustainable Development Goals (SDGs) Indonesia di tahun 2030.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of

asia sustainability impact consortium

Follow our mission at sustainabilityimpactconsortium.asia

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas