Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Donald Trump Untung Besar, Saham Perusahaannya Naik Drastis Pascapenembakan, Saham Tesla Ikut-ikutan

Apalagi setelah terjadi upaya penembakan terhadap Donald Trump pada Sabtu (13/7/2024) yang justru menaikkan pamornya.

Penulis: Hasanudin Aco
zoom-in Donald Trump Untung Besar, Saham Perusahaannya Naik Drastis Pascapenembakan, Saham Tesla Ikut-ikutan
AFP/REBECCA DROKE
Detik-detik saat Mantan Presiden AS dan calon presiden dari Partai Republik Donald Trump berbicara dan berkampanye sebelum tertembak di Butler Farm Show Inc. di Butler, Pennsylvania, 13 Juli 2024. - Donald Trump terkena pukulan di telinganya dalam upaya pembunuhan oleh pria bersenjata di rapat umum kampanye pada hari Sabtu, dalam insiden kacau dan mengejutkan yang akan memicu kekhawatiran akan ketidakstabilan menjelang pemilihan presiden AS tahun 2024. (Foto oleh Rebecca DROKE / AFP) 

TRIBUNNEWS.COM, AS -  Pasar keuangan memberikan respon positif kepada Donald Trump yang kembali maju sebagai calon presiden dalam Pilpres Amerika Serikat (AS) November 2024 mendatang.

Apalagi setelah terjadi upaya penembakan terhadap Donald Trump pada Sabtu (13/7/2024) yang justru menaikkan pamornya.

Saham kripto, saham senjata, dan saham perusahaan lain memperoleh keuntungan dari kasus Donald Trump.

Harga rata-rata saham itu naik seiring dengan ekspektasi bahwa Donald Trump akan memenangkan pemilu pada bulan November 2024 mendatang karena elektabilitasnya yang terus meroket dibandingkan rivalnya inkamben Presiden Amerika Serikat Joe Biden.

Di situs web taruhan politik PredictIt, kontrak untuk kemenangan pemilihan Trump diperdagangkan pada harga 68 sen pada hari Senin, naik dari 60 sen pada hari Jumat, dengan potensi pembayaran sebesar $1.

Kontrak untuk kemenangan Biden berada pada harga 26 sen.

Baca juga: Jenderal Ukraina Akui Vladimir Putin Beberapa Kali Lolos dari Upaya Pembunuhan, Rusia Malah Tuduh AS

Harga Saham Trump Melonjak

Saham perusahaan Donald Trump yakni Trump Media & Technology Group, yang mayoritas dimiliki oleh Trump, melonjak 30 persen.

BERITA TERKAIT

Kondisi ini mengangkat nilai pasar saham perusahaan menjadi $7,6 miliar, meskipun pendapatannya sebanding dengan dua toko Starbucks di AS.

Trump Media adalah perusahaan induk dari platform media sosial Truth Social dan sahamnya kini telah melonjak 129 persen pada tahun 2024 karena para pedagang eceran bertaruh bahwa Trump akan memenangkan masa jabatan kedua sebagai presiden AS.

Sebelumnya, Trump menjabat  Presiden AS dari tahun 2017 hingga 2021.

"Tinggal hampir empat bulan lagi [menjelang pemilihan] dan banyak hal bisa berubah, tetapi saat ini pasar bertaruh pada Trump sebagai pemenangnya," kata Ben Laidler, kepala strategi ekuitas di Bradesco BBI, seraya menambahkan bahwa Trump Media "adalah ujung tombak dan yang paling peka terhadap kemenangan Trump."

Saham Tesla Juga Naik

Saham pembuat kendaraan listrik Tesla melonjak 5,2 persen setelah CEO miliarder Elon Musk secara terbuka mendukung Trump setelah penembakan tersebut.

Saham kripto melonjak, mengikuti kenaikan 10 persen Bitcoin ke level tertinggi dalam dua minggu. Trump telah menampilkan dirinya sebagai pendukung mata uang kripto. Bursa kripto Coinbase Global dan penambang Bitcoin Riot Platforms dan Marathon Digital masing-masing melonjak lebih dari 10 persen.

Imbal hasil obligasi AS jangka panjang naik karena ekspektasi bahwa kebijakan Trump akan meningkatkan utang pemerintah dan memicu inflasi, sementara indeks acuan S&P 500 naik 0,5 persen, mendekati rekor tertinggi lainnya.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas