Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis
Tujuan Terkait

Roti Okko dan Aoka Jadi Perbincangan karena Keamanan Pangan, Menteri Teten Soroti Persaingan Usaha

Roti Aoka merupakan produksi PT Indonesia Bakery Family dan Roti Okko diproduksi oleh PT Abadi Rasa Food yang sama-sama berasal dari Bandung.

Penulis: Endrapta Ibrahim Pramudhiaz
Editor: Choirul Arifin
zoom-in Roti Okko dan Aoka Jadi Perbincangan karena Keamanan Pangan, Menteri Teten Soroti Persaingan Usaha
Endrapta Pramudiaz/Tribunnews.com
Menteri Koperasi dan UKM (MenKopUKM) Teten Masduki. 

Laporan wartawan Tribunnews.com, Endrapta Pramudhiaz

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki berpendapat, polemik tentang keamanan pangan pada roti Okko dan roti Aoka di masyarakat karena dugaan mengandung bahan pengawet berbahaya sepenuhnya merupakan kewenangan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dan Kementerian Kesehatan.

"Itu urusannya BPOM, urusan Kementerian Kesehatan. Otoritasnya enggak di saya ya kenapa itu diizinkan kalau masih ada isu itu," katanya ketika ditemui di Gedung Smesco Indonesia, Jakarta Selatan, Rabu (24/7/2024).




Namun, Teten menyoroti soal persaingan perusahaan besar dengan pelaku UMKM.

Roti Aoka merupakan produksi PT Indonesia Bakery Family dan Roti Okko diproduksi oleh PT Abadi Rasa Food yang sama-sama berasal dari Bandung.

Kehadiran kedua produk roti tersebut kerap dinilai membuat roti produksi UMKM kalah bersaing. "Teknologi mereka bagus, produknya unggul, ya pasti roti-roti dalam negeri kan enggak bisa bersaing," ujar Teten.

Untuk meningkatkan tekonologi produksi, UMKM terkendala pembiayaan.

BERITA TERKAIT

"Ya pasti teknologi produksi kita masih lemah, pasti kalah bersaing. Tapi untuk UMKM meningkatkan teknologi itu enggak mudah. Pembiayaan untuk working capital, untuk modal kerja, juga susah," ucap Teten.

Teten mengingatkan pesan Presiden Jokowi mengenai pentingnya melindungi UMKM dalam negeri, termasuk kebijakan menerima investasi asing.

Ia mengatakan, jika di dalam negeri sudah bisa memproduksi sendiri, seharusnya tidak perlu lagi didatangkan yang dari luar negeri.

"Ya mestinya diselektif betul (investornya). Memang mestinya kebijakan investasinya agak sedikit di-rem gitu loh. Kan pak presiden berkali-kali (bilang) kalau memang kita sudah bisa bikin ayam goreng, ngapain lagi kita buka franchise misalnya," pungkas Teten.

"Kita memang terbuka, tetapi banyak juga negara yang selektif. Pilih-pilih juga. Nah menurut saya itu yang harus dievaluasi," sambungnya.

BPOM Minta Roti Okko Ditarik dari Peredaran

BPOM telah meminta agar roti Okko produksi PT Abadi Rasa Food Bandung ditarik dari peredaran dan dihentikan produksinya.

Hal ini merujuk pada hasil inspeksi dan uji lab oleh BPOM tentang dugaan bahan pengawet berbahaya atau natrium dehidroasetat (sebagai asam dehidroasetat).

Halaman
12

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of

asia sustainability impact consortium

Follow our mission at sustainabilityimpactconsortium.asia

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas