Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

AirAsia Buka Penerbangan Baru Rute Denpasar-Kota Kinabalu, Terbang Tiga Kali dalam Sepekan

Maskapai AirAsia membuka rute penerbangan terbaru Denpasar-Kota Kinabalu dengan penerbangan perdana hari ini, Jumat (9/8/2024).

Penulis: Fauzi Nur Alamsyah
Editor: Choirul Arifin
zoom-in AirAsia Buka Penerbangan Baru Rute Denpasar-Kota Kinabalu, Terbang Tiga Kali dalam Sepekan
Tribunnews/Fauzi Nur Alamsyah
Peresmian penerbangan perdana AirAsia rute Denpasar-Kota Kinabalu di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali, Jumat (9/8/2024). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fauzi Alamsyah

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Maskapai AirAsia membuka rute penerbangan terbaru Denpasar-Kota Kinabalu dengan penerbangan perdana hari ini, Jumat (9/8/2024).

Penerbangan ini akan dilayani tiga kali dalam seminggu. Ini menjadi rute kedua dari Indonesia ke Kota Kinabalu di Sabah, Malaysia, setelah sebelumnya maskapai ini membuka rute Jakarta - Kota Kinabalu bulan Februari lalu.

Head of Indonesia Affairs & Policy Indonesia AirAsia, Eddy Krismeidi, mengungkapkan penerbangan perdana ini, dari Denpasar menuju Kota Kinabalu terisi 152 penumpang atau sekitar 80 persen dari total kapasitas kursi.

Sementara penerbangan dari Kota Kinabalu ke Denpasar terisi penuh dengan 180 penumpang.

"Alhamdulillah hari ini dari Denpasar ke Kota Kinabalu loadnya 152 sekitar 80 persen, dari Kota Kinabalu ke Denpasar full 180 penumpang," kata Eddy Krismeidi dalam jumpa persnya di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Denpasar, Bali, Jumat (9/8/2024).

Eddy menambahkan, penerbangan perdana kali ini mendapatkan respon positif dari pasar. "Ini baru penerbangan pertama dan baru indikasinya. Melihat respons penerbangan-penerbangan, kita berharap ini berkelanjutan," ujarnya.

BERITA TERKAIT

"Kita lihat Denpasar maupun Kota Kinabalu itu dua-duanya juga up, Malaysia bagian Timur Kota Kinabalu dan Denpasar juga."

Eddy berharap penerbangan ini dapat meningkatkan jumlah wisatawan yang datang ke Bali maupun sebaliknya.

"Kita bisa meningkatkan dua ini bisa menambah peluang wisatawan khususnya datang ke Bali maupun sebaliknya," ungkapnya.

"Sebenarnya rute Kota Kinabalu dan Denpasar pernah dibuka dan secara ekonomi sudah fleksibel untuk dibuka penerbangan langsung, dan kami melakukan langsung dari hasil analisa yang sudah kami lakukan," tutur Eddy.

"Biasanya  di tahap awal kita tes pasar, kita melihat reaksi pasar seperti apa. Kita buat tiga kali dulu, memang ini destinasi baru. Dari situ kita lihat kalau potensi pasarnya bagus, kita akan tambah lagi," tambahnya lagi.

Peresmian penerbangan perdana Indonesia AirAsia rute Denpasar - Kota Kinabalu dihadiri Kepala Kantor Otoritas Bandara Wil IV Bali - Agustinus Budi Hartono, General Manager Angkasa Pura I Ngurah Rai - Handy Heryudhitiawan, General Manager Airnav Cabang Bali - Suryadi Joko dan Komandan Lanud I Gusti Ngurah Rai Bali - Kolonel Pnb Agni Prayogo.

Acara ini diwarnai pembagian ratusan merchandise kepada penumpang ketika memasuki kabin pesawat.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas