Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Scoot Buka Penerbangan ke Kertajati, AirAsia Operasikan Rute Denpasar-Hong Kong

Dua maskapai penerbangan mancanegara Scoot dan AirAsia membuka rute penerbangan baru dari dan ke Indonesia menjelang tutup tahun 2024 ini.

Penulis: Endrapta Ibrahim Pramudhiaz
Editor: Choirul Arifin
zoom-in Scoot Buka Penerbangan ke Kertajati, AirAsia Operasikan Rute Denpasar-Hong Kong
Tribunnews/Rahmat W Nugraha
Bandara Kertajati di Majalengka, Jawa Barat. 

 

Laporan wartawan Tribunnews.com, Endrapta Pramudhiaz

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -  Dua maskapai penerbangan mancanegara Scoot dan AirAsia membuka rute penerbangan baru dari dan ke Indonesia menjelang tutup tahun 2024 ini.

Maskapai penerbangan berbiaya rendah asal Singapura, Scoot, membuka rute penerbangan Singapura-Bandara Kertajati, Majalengka, Jawa Barat.

Penerbangan perdana sudah dilakukan pada Sabtu, 28 September 2024, pukul 16.35 WIB menuju Bandara Kertajati.

Penerbangan Scoot di rute ini dua kali sepekan pada hari Selasa dan Sabtu dengan pesawat berkapasitas 112 penumpang. Scoot sebelumnya telah membuka rute ke Jakarta, Bali, dan Lombok.

Sementara, AirAsia yang membuka rute penerbangan Hong Kong-Denpasar mulai 1 Oktober 2024 dan Hong Kong-Jakarta pada 8 Oktober 2024 dan beroperasi setiap hari menggunakan Airbus 320 berkapasitas 180 penumpang.

BERITA REKOMENDASI

Adyatama Kepariwisataan dan Ekonomi Kreatif Ahli Utama Kemenparekraf Nia Niscaya berharap hadirnya rute-rute penerbangan baru ini bisa menambah pilihan moda transportasi bagi wisawatawan yang akan ke Indonesia.

"Mudah-mudahan ini akan memberikan dampak positif terhadap jumlah kunjungan wisatawan," kata dia pada keterangan pers tertulis, Selasa (1/10/2024).

Baca juga: BBN Airlines Terbangi Rute ke Balikpapan dan Denpasar Setelah Buka Jakarta-Surabaya

Dikutip dari Tribun Cirebon, Pj Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin meyakini, kehadiran Scoot Airlines di BIJB Kertajati bakal meningkatkan kunjungan wisatawan ke Jawa Barat.

"Kami meyakini kehadiran Scoot Airlines di BIJB Kertajati ini akan meningkatkan kunjungan wisatawan ke Jawa Barat," ujarnya.

Ia mengatakan, destinasi wisata di Jawa Barat menawarkan keunggulan bentang alam yang diyakini menarik minat wisatawan mancanegara dari Singapura untuk berkunjung.

Baca juga: Diterjang Topan Bebinca, Semua Penerbangan di 2 Bandara Utama Shanghai Dibatalkan

Karenanya, Disparbud Jawa Barat harus mulai menggencarkan promosi wisata unggulan Jawa Barat ke Singapura, sehingga para turis asing tertarik untuk mengunjunginya.

"Kami berharap kehadiran rute penerbangan internasional ke Singapura ini membuat Bandara Kertajati semakin ramai, baik dari segi penumpang maupun maskapai yang beroperasi," kata Bey Machmudin.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas