Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Holding Industri Pertambangan Indonesia Hadirkan Replika Bendungan Tangga di Festival LIKE Ke-2 KLHK

Selain sebagai salah satu sumber pembangkit listrik tenaga air, keberadaan Bendungan Tangga sekaligus dimaksudkan untuk menjaga keanekaragaman hayati

Penulis: Reynas Abdila
Editor: Acos Abdul Qodir
zoom-in Holding Industri Pertambangan Indonesia Hadirkan Replika Bendungan Tangga di Festival LIKE Ke-2 KLHK
Istimewa
BUMN Holding Industri Pertambangan Indonesia (MIND ID) menghadirkan booth experience di Festival Lingkungan, Iklim, Kehutanan, dan Energi Baru Terbarukan (LIKE) ke-2 KLHK di Jakarta Convention Center (JCC). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Reynas Abdila

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTABUMN Holding Industri Pertambangan Indonesia (MIND ID) menghadirkan booth experience di Festival Lingkungan, Iklim, Kehutanan, dan Energi Baru Terbarukan (LIKE) ke-2 KLHK di Jakarta Convention Center (JCC).

MIND ID memanfaatkan agenda ini untuk memberikan edukasi serta pengalaman langsung kepada pengunjung terkait pengelolaan air yang telah sebagai sumber energi dilakukan oleh Anggota Grup.

Salah satunya inovasi dalam pemanfaatan Bendungan Tangga di Sungai Asahan, Sumatera Utara.

Sekretaris Perusahaan MIND ID, Heri Yusuf mengatakan, pengunjung dapat melihat langsung replika Sungai Asahan dengan Bendungan Tangga sebagai bendungan busur pertama di Indonesia yang turut menghasilkan energi Bersih bagi perusahaan.

“Kami harap event ini menjadi wadah bagi masyarakat publik mengetahui dan merasakan langsung bagaimana nuansa Sungai Asahan dari booth experience yang kami hadirkan,” katanya.

Selain sebagai salah satu sumber pembangkit listrik tenaga air, keberadaan Bendungan Tangga sekaligus dimaksudkan untuk menjaga keanekaragaman hayati di sekitar aliran sungai.

BERITA TERKAIT

Termasuk mendukung perputaran ekonomi masyarakat dengan menghasilkan wisata Arung Jeram kelas dunia.

Saat memasuki area booth, pengunjung akan merasakan sendiri gemericik air dari atas seolah sedang berada di sekitar Sungai Asahan.

Sungai yang menghubungkan Danau Toba dengan Selat Malaka ini menjadi salah satu sumber energi bagi PT Indonesia Asahan Aluminium (Inalum).

Booth MIND ID menampilkan wajah Bendungan Tangga di Sumatra Utara yang menjadi satu dari tiga Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) milik Inalum di Sungai Asahan.

PLTA Tangga memiliki empat generator dengan total kapasitas listrik yang dihasilkan mencapai 223 megawatt (MW).

Baca juga: Pertamina Resmi Naikkan Harga BBM Jenis Pertamax, Ini Tanggapan Pengamat

Salah satu pengunjung, Nukgroho yang adalah siswa Sekolah Menengah Atas di Jakarta mengaku cukup takjub dengan booth experience yang ditampilkan oleh MIND ID.

Dirinya mendapat gambaran lebih jelas tentang program keberlanjutan termasuk pengelolaan air yang dilakukan oleh Grup MIND ID.

“Seru banget, tadi pas masuk sudah disambut gemericik air, ada suaranya juga, jadi tadi pas masuk langsung disuguhkan dengan nuansa-nuansa alam gitu. Juga ada replika Bendungan Tangga untuk PLTA di Inalum,” ujarnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas