Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

PGN Jamin Pasokan Gas ke IKN Jelang Upacara HUT Kemerdekaan RI ke-79

PGN menjamin pasokan gas bumi dan siap digunakan menjelang upacara HUT Kemerdekaan RI ke-79 di Ibu Kota Nusantara (IKN).

Penulis: Endrapta Ibrahim Pramudhiaz
Editor: Choirul Arifin
zoom-in PGN Jamin Pasokan Gas ke IKN Jelang Upacara HUT Kemerdekaan RI ke-79
Kementerian PUPR
Desain maket Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) Ibu Kota Negara Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur. 

Laporan wartawan Tribunnews.com, Endrapta Pramudhiaz

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) menjamin pasokan gas bumi dan siap digunakan menjelang upacara HUT Kemerdekaan RI ke-79 di Ibu Kota Nusantara (IKN).

Penyediakan gas bumi di IKN oleh PGN menggunakan kombinasi layanan dengan moda beyond pipeline berupa Compressed Natural Gas (CNG). CNG diangkut menggunakan moda tabung cylinder atau disebut dengan Gaslink Cylinder.




Gaslink Cylinder yang disediakan di IKN ada dua macam, yaitu Gaslink Cylinder berkapasitas 24 m³ per tabung dan 4 m³ per tabung/ mini Gaslink Cylinder.

Rumah Tapak Jabatan Menteri (RTJM) 105 di IKN telah terinstall Gaslink Cylinder dan telah mengalirkan gas perdana secara bertahap. Gaslink Cylinder yang dipasang di RTJM sejumlah 12 unit dan tersebar di 8 kavling.

Selain RTJM, gaslink cylinder juga sudah terpasang di istana negara, istana garuda, kantor sekretariat presiden, ASN 4 Tower B dan C, serta ASN 1 Tower B dan Tower C.

Kemudian juga terpasang di rusun BIN, rusun Polri, paspampres tower, beranda nusantara, dan Hotel Nusantara (pelanggan komersial milik swasta).

BERITA TERKAIT

Total jumlah Gaslink Cylinder terpasang mencapai 34 unit dan siap melayani kebutuhan gas bumi di IKN.

Guna menunjang penyaluran gas bumi di IKN, PGN juga membangun pipa gas bumi sepanjang 61,1 Km di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) Sub WP 1A.

Saat ini pasokan gas didatangkan dari Balikpapan, Kalimantan Timur melalui intermoda transportasi gas bumi.

Baca juga: PLN Batam Dapat Pasokan Gas Bumi Sekitar 10 BBTUD untuk Produksi Listrik

Sekretaris Perusahaan PGN Fajriyah Usman mengatakan, pihaknya berkomitmen untuk menjalankan amanat dari pemerintah dalam menyediakan energi yang bersih di IKN.

"Saat ini PGN berupaya optimal agar layanan gas bumi bisa beroperasi dengan aman guna mendukung kesiapan infrastruktur untuk peringatan HUT RI di IKN," katanya dikutip dari keterangan tertulis, Selasa (13/8/2024).

Fajriyah mengatakan, PGN terus mengupayakan agar pembangunan infrastruktur gas bumi di IKN dapat berjalan sesuai dengan target.

Jaringan gas di IKN juga disiapkan PGN untuk memenuhi kebutuhan pelanggan rumah tangga yang diproyeksikan sebanyak 9.996 Sambungan Rumah (SR).

Baca juga: PGN Sepakati Kontrak dengan Donggi-Senoro LNG untuk Amankan Pasokan Gas

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas