Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Asosiasi Peritel Meriahkan HUT RI Lewat Penyelenggaraan Hari Belanja Diskon Indonesia 2024

HIPPINDO memeriahkan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI ke-79 dengan menyelenggarakan Hari Belanja Diskon Indonesia 2024.

Penulis: Choirul Arifin
Editor: Sanusi
zoom-in Asosiasi Peritel Meriahkan HUT RI Lewat Penyelenggaraan Hari Belanja Diskon Indonesia 2024
HO
Ketua Umum HIPPINDO Budihardjo Iduansjah di konferensi pers Hari Belanja Diskon Indonesia (HBD Indonesia) 2024, Sabtu, 17 Agustus 2024. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Industri ritel Tanah Air yang tergabung dalam Himpunan Peritel & Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (HIPPINDO) memeriahkan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI ke-79 dengan menyelenggarakan Hari Belanja Diskon Indonesia (HBD Indonesia) 2024.

Kegiatan tahunan ini tidak hanya menjadi ajang belanja murah, namun juga menjadi momentum penting dalam mendorong pertumbuhan ekonomi nasional.

Ketua Umum HIPPINDO Budihardjo Iduansjah menjelaskan, asosiasinya menjadikan tahun 2024 titik balik akselerasi pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Baca juga: Pedagang Pasar hingga Peritel Ramai-ramai Tolak PP 28/2024, Bikin Omzet Merosot 50 Persen

Hal ini sejalan dengan konsumsi rumah tangga yang tumbuh secara positif. Seperti disampaikan Badan Pusat Statistik (BPS) Senin (5/8/2024) lalu, konsumsi rumah tangga tumbuh 4,93 persen (yoy) pada kuartal II-2024.

“Sebagai rumah bagi ribuan pengusaha ritel baik UKM, brand lokal maupun global, HIPPINDO berusaha untuk mengakselerasi peningkatan daya beli masyarakat lewat kampanye di momen Kemerdekaan ke-79 ini," ujarnya.

Dia menilai saat ini terjadi peningkatan kepercayaan konsumen di pasca pandemi. Hal ini yang telah mendorong masyarakat untuk lebih aktif berbelanja.

Baca juga: Peritel Modern Gandeng APARSI Atasi Kelangkaan Bahan Pokok di Pasaran

Deputi Bidang Pemasaran Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Ni Made Ayu Marthini menyatakan pemerintah mendukung inisiatif penyelenggaraan event ini demi mendorong Jakarta menjadi kota pariwisata dan wisata belanja.

“Diskon yang melimpah akan menarik minat baik wisatawan domestik maupun mancanegara, sehingga ekonomi berputar lebih cepat,” kata dia, pada konferensi pers penyelenggaraan HBD Indonesia 2024 di Jakarta, Sabtu (17/8/2024).

“Kami berharap dengan promosi yang kuat, lebih banyak masyarakat mengetahui ajang belanja diskon ini. Kami mengajak semua yang hadir, termasuk Sarinah, untuk mempromosikan HBD Indonesia di media sosial agar semakin banyak orang datang dan berbelanja,” tambahnya.

Baca juga: Kemenperin dan Hippindo Pertemukan Industri Kecil-Menengah dengan Peritel Lewat Business Matching

Peluncuran Tujuh Belasan Sale HBD Indonesia 2024 jug dihadiri Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan, yang diwakili oleh Direktur Bina Usaha, Septo Soepriyatno, dan Asisten Perekonomian dan Keuangan Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta, yang diwakili oleh Kepala Dinas PPKUKM Provinsi DKI Jakarta, Elisabeth Ratu Rante Allo, Ketua Panitia HBD Indonesia 2024, Hedy Djaja Ria, dan Direktur Utama PT Sarinah, Fetty Kwartati.

Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan, yang diwakili oleh Direktur Bina Usaha, Septo Soepriyatno menilai HBD Indonesia 2024 menjadi momen penting untuk memeriahkan peringatan kemerdekaan RI.

BERITA TERKAIT

"Kami menilai pertumbuhan ekonomi Indonesia tetap kuat di tengah ketidakpastian ekonomi global. Data dari BPS menunjukkan pertumbuhan sebesar 5,05 persen pada triwulan kedua tahun 2024,” jelasnya.

Kegiatan di berbagai pusat perbelanjaan, baik offline maupun online ini dan diharapkan dapat menggerakkan daya beli masyarakat serta mendorong pertumbuhan ekonomi nasional.

"Kami berharap HBDI tahun ini dapat melibatkan banyak UMKM dan menjadi ajang promosi produk-produk lokal unggulan, sejalan dengan kampanye "Belanja di Indonesia Saja" untuk mendukung produk dalam negeri, “ imbuh Septo
 

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas