Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Erick Thohir Dorong BUMN Jaga Kelestarian Lingkungan dan Kurangi Dampak Perubahan Iklim

Erick Thohir mendorong perusahaan pelat merah untuk menjaga kelestarian lingkungan dan mengurangi dampak perubahan iklim.

Penulis: Seno Tri Sulistiyono
Editor: Choirul Arifin
zoom-in Erick Thohir Dorong BUMN Jaga Kelestarian Lingkungan dan Kurangi Dampak Perubahan Iklim
dok.
Menteri BUMN Erick Thohir. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mendorong perusahaan pelat merah untuk menjaga kelestarian lingkungan dan mengurangi dampak perubahan iklim.

Menurutnya, BUMN berkomitmen untuk terus menjaga lingkungan di seluruh Indonesia, termasuk dengan menciptakan semen hijau oleh PT Semen Indonesia (SIG).

“Inovasi semen hijau SIG saat ini telah mampu menekan tingkat emisi hingga 38 persen dibandingkan semen konvensional,” kata Erick dikutip Senin (19/8/2024).

Direktur Utama SIG, Donny Arsal mengatakan, semen hijau diproduksi dengan material dan melalui proses yang ramah lingkungan.

“Semen hijau memiliki kandungan dalam negeri tinggi, lebih dari 90%," paparnya.

Dalam proyek pembangunan di IKN, Kalimantan Timur, kata Donny, SIG telah berkontribusi dengan memasok bahan bangunan sejak Desember 2022.

Hingga Juli 2024, SIG tercatat telah memasok 695.000 ton semen yang digunakan dalam sejumlah proyek, seperti Istana Negara, Kantor Presiden, dan Lapangan Upacara yang berada di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP), hingga proyek jalan tol dan bandara IKN.

BERITA TERKAIT

Selain itu, produk SIG juga digunakan pada proyek Bendungan Sepaku yang berfungsi sebagai sarana penunjang untuk mencukupi kebutuhan air baku di IKN.

Baca juga: Presiden Jokowi Bicara 3 Sektor Penting saat Buka IPPP, Perubahan Iklim hingga Pengembangan SDM

Dia menyebut, dalam merayakan momentum HUT Kemerdekaan RI, SIG membangun hunian tapak ramah lingkungan di IKN, berupa rumah Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) tipe 36 yang dibangun menggunakan solusi bata interlock, dari semen hijau.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of

asia sustainability impact consortium

Follow our mission at sustainabilityimpactconsortium.asia

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas