Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Cita-cita Jokowi Ngantor di IKN Berpotensi Batal Lagi, Padahal Oktober 2024 Sudah Tak Jadi Presiden

Jika September batal berkantor di IKN, maka kebatalan ini menjadi kedua kali karena awalnya Jokowi dijadwalkan tinggal di IKN pada Juli 2024.

Editor: Seno Tri Sulistiyono
zoom-in Cita-cita Jokowi Ngantor di IKN Berpotensi Batal Lagi, Padahal Oktober 2024 Sudah Tak Jadi Presiden
HO
Presiden Jokowi dijadwalkan akan berkantor di IKN Nusantara, Kalimantan Timur, pada September 2024. Namun, rencana ini berpotensi batal karena infrastruktur banyak belum selesai. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) berpotensi batal berkantor di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kalimantan Timur, sebelum jabatannya berakhir pada pertengahan Oktober 2024 digantikan Prabowo Subianto.

Direncanakan, Jokowi akan berkantor di Nusantara pada awal September 2024 mengingat pembangunan Bandara IKN untuk didarati pesawat kepresidenan sudah hampir rampung.

Namun, Jokowi melihat masih banyak infrastruktur di IKN belum siap untuk ditinggali.

Baca juga: Cerita ASN Sudah Ngebet Pindah ke IKN, Penat di Jakarta




"Lihat kondisi lapangan, karena memang banyak hal yang belum selesai. Misalnya, Bandara belum. (Menunggu) airport," kata Jokowi usai meresmikan infrastruktur di Yogyakarta dikutip Jumat (30/8/2024).

Jika September batal berkantor di IKN, maka kebatalan ini menjadi kedua kali karena awalnya Jokowi dijadwalkan tinggal di IKN pada Juli 2024.

Alasan batalnya saat itu karena air bersih di Nusantara belum tersedia.

"Airnya sudah siap belum? Listriknya sudah siap belum? Tempatnya sudah siap belum? Kalau siap, pindah," ujar Jokowi di Pangkalan Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Senin (8/7/2024).

BERITA TERKAIT

"Sudah (dapat laporan dari Kementerian PUPR), tapi belum (belum siap). Sudah, tapi belum," sambungnya.

Kemenhub Klaim Bandara IKN Bisa Digunakan

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyatakan, Bandara IKN siap didarati oleh pesawat kepresidenan RI pada September 2024.

"(Bisa didarati pesawat presiden) awal September," kata Menhub Budi kepada wartawan di Kawasan Ancol, Jakarta Utara, Senin (26/8/2024).

Sayangnya Menhub Budi irit bicara menyoal kondisi terkini Bandara IKN, setelah kemarin sempat diuji coba runway dengan pesawat kalibrasi jenis King Air tipe 200 PK CAO.

"Iya," ujar Menhub Budi berseri seraya mengacungkan dua jempol tangannya.

Adapun kabar Presiden Jokowi yang akan pindah di IKN itu disampaikan langsung oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Jumat (23/8/2024).

"Kalau yang saya tahu, programnya Pak Presiden kalau nanti bandaranya beroperasi minggu pertama September, beliau pindahan," ujarnya dikutip dari Kompas.com, Jumat.

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas