Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Indonesia Impor 2,4 Juta Ton Beras, 1,2 Juta Ton Lainnya Menyusul

Indonesia memiliki kuota importasi beras sebanyak 3,6 juta ton dan sudah direalisasikan sebanyak 2,4 juta ton.

Penulis: Endrapta Ibrahim Pramudhiaz
Editor: Choirul Arifin
zoom-in Indonesia Impor 2,4 Juta Ton Beras, 1,2 Juta Ton Lainnya Menyusul
Tribunnews/Endrapta
Direktur Utama Perum Bulog Bayu Krisnamurthi. 

Laporan wartawan Tribunnews.com, Endrapta Pramudhiaz

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Tahun ini, Indonesia memiliki kuota importasi beras sebanyak 3,6 juta ton. Perum Bulog sebagai pihak yang ditugaskan melakukan impor, telah merealisasikan sebanyak 2,4 juta ton.

Direktur Utama Perum Bulog Bayu Krisnamurthi mengatakan, 2,4 juta ton beras impor tersebut ada yang sedang dalam perjalanan ke Indonesia, ada yang sudah masuk, dan ada yang sedang dibongkar muat di pelabuhan.




"Saat ini sudah dalam proses di perjalanan, maupun masuk, maupun bongkar, kurang lebih sebanyak 2,4 juta ton sampai dengan akhir bulan Juli," katanya di Kantor Pusat Perum Bulog, Jakarta Selatan, Jumat (30/8/2024).

Saat ini, Bulog masih akan mendatangkan sebanyak 1,2 juta ton beras impor lagi agar memenuhi kuota yang telah ditentukan.

Rinciannya, 300 ribu ton beras sudah terkontrak, sedangkan 900 ribu ton sisanya masih sebatas komitmen, belum sampai kontrak.

"Untuk 300 ribu lagi prosesnya sedang berjalan. Kita memasukkan lagi kurang lebih sekitar 900 ribu. Ini kita akan usahakan semuanya bisa terkontrak dengan baik dan kemudian nanti bisa masuk tahun ini," ujar Bayu.

BERITA TERKAIT

Mantan Wakil Menteri Perdagangan itu mengusahakan agar importasinya bisa selesai sebelum Desember 2024, sesuai dengan batas waktu izin yang ditentukan.

Baca juga: Impor Beras Berpotensi Datangkan Masalah Administrasi

Adapun negara-negara yang telah terkontrak dengan Indonesia untuk mengirimkan berasnya di antaranya ialah Thailand, Vietnam, Kamboja, Myanmar, dan Pakistan.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas