Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Pesawat Trigana Air Tergelincir di Papua, Kemenhub Pastikan Semua Penumpang Selamat

Direktur Jenderal Perhubungan Udara M. Kristi Endah Murni mengatakan, pesawat Trigana Air membawa 42 penumpang dan enam orang crew on board.

Penulis: Nitis Hawaroh
Editor: Sanusi
zoom-in Pesawat Trigana Air Tergelincir di Papua, Kemenhub Pastikan Semua Penumpang Selamat
handout
Kondisi pesawat Trigana Air PK-YSP jenis ATR 42 seri 500 usai gagal lepas landas di Bandar Udara Stevanus Rumbewas Serui, Senin (9/9/2024). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Nitis Hawaroh

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengonfirmasi insiden gagal lepas landas, pesawat Trigana Air PK-YSP jenis ATR 42 seri 500 di Bandar Udara Stevanus Rumbewas Serui, Senin (9/9/2024).

Direktur Jenderal Perhubungan Udara M. Kristi Endah Murni mengatakan, pesawat Trigana Air membawa 42 penumpang dan enam orang crew on board.




Dia bilang, seluruh penumpang dipastikan dalam keadaan selamat. Penumpang yang mengalami luka-luka sudah dievakuasi ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD).

Baca juga: Foto-foto Trigana Air Tergelincir di Kamanap, Istri Pj Gubernur Papua & 41 Penumpang Lainnya Selamat

"Info awal seluruh penumpang dan crew on board dalam keadaan selamat. Beberapa mengalami luka-luka dan saat ini sedang dilakukan evakuasi untuk dibawa ke RSUD Serui," kata Kristi dalam keterangannya, Senin.

Kristi menjelaskan, kronologi kejadian pesawat Trigana Air mulanya mendarat dari Biak pukul 10.19 WIT dan parkir stand pukul 10.21 WIT. Kemudian pada pukul 10.35 WIT pesawat taxi untuk menuju Bandar Udara Sentani Jayapura.

Para penumpang pesawat Trigana Air yang tergelincir di Bandara Kamanap, Kabupaten Kepulauan Yapen, Provinsi Papua dievakuasi ke rumah dinas Pj Bupati Kepulauan Yapen. Sebagian penumpang lainnya tengah dievakuasi ke RSUD Serui.
Para penumpang pesawat Trigana Air yang tergelincir di Bandara Kamanap, Kabupaten Kepulauan Yapen, Provinsi Papua dievakuasi ke rumah dinas Pj Bupati Kepulauan Yapen. Sebagian penumpang lainnya tengah dievakuasi ke RSUD Serui. (Tribun-Papua.com)

Hanya berjarak satu menit kemudian pesawat tergelincir ke arah kiri dengan posisi 1200m dari take off runway in use 28.

BERITA TERKAIT

Meski begitu, Kristi menegaskan bahwa Kemenhub masih menyelidiki penyebab kejadian tergelincirnya pesawat tersebut.

"Saya telah memerintahkan Kepala Kantor UPBU Kelas III Stevanus Rumbewas Serui untuk terus memantau dan berkoordinasi dengan seluruh pihak terkait dalam proses evakuasi dan penanganan dari dampak insiden ini," tegasnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas