Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Kegiatan Tatap Muka Bisnis Ini Mengasah Ketajaman UMKM Melihat Peluang Usaha

Grup Billionaire Mindset mendorong semangat kewirausahaan di kalangan pelaku usaha kecil dan menengah (UMKM) di Indonesia

Penulis: Choirul Arifin
Editor: Sanusi
zoom-in Kegiatan Tatap Muka Bisnis Ini Mengasah Ketajaman UMKM Melihat Peluang Usaha
HO
Kegiatan sesi sharing pebisnis UMKM di kantor Mimin, perusahaan Gen-AI chatbot di Jakarta 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA  – Grup Billionaire Mindset mendorong semangat kewirausahaan di kalangan pelaku usaha kecil dan menengah (UMKM) di Indonesia melalui kegiatan tatap muka UMKM dengan sejumlah komunitas penting.

Kegiatan ini diinisiasi Ketua Umum Billionaire Mindset, Yossa Setiadi dengan Jan Sen Chua sebagai ketua pelaksananya di Graha Cheris Siem, Jakarta.

Yossa mengatakan, pihaknya berupaya mempertemukan para UMKM dengan komunitas pengusaha terkemuka seperti TDA Jakarta Barat dan icommunity, agar pebisnis UMKM bisa memperluas jaringan untuk mengembangkan usahanya sekaligus membuka peluang naik kelas.

Baca juga: YouTube Shopping Hadir di Indonesia, Ancaman terhadap Pelaku UMKM?

Saat sesi sharing, ada sekitar 10 pertanyaan yang diajukan oleh para pebisnis UMKM dengan umpan balik berupa wawasan berharga tentang strategi menavigasi dunia bisnis.

"Acara seperti ini sangat penting untuk membuka wawasan kewirausahaan di Indonesia," kata Yossa Setiadi.

Dalam presentasinya, COO Mimin, Bayu Eka Putra membahas pentingnya merespons pertanyaan pelanggan dengan cepat. Bayu juga menuturkan pengalamannya mendirikan Mimin, perusahaan Gen-AI chatbot di depan para pebisnis UMKM.

"Dalam dunia bisnis yang serba cepat saat ini, kecepatan dalam komunikasi menjadi kunci," tuturnya. Bayu mendirikan perusahaan ini untuk membantu bisnis mengotomatisasi dan mempercepat respons layanan pelanggan.

BERITA TERKAIT

Sejauh ini pihaknya telah menjalin kerja sama dengan berbagai asosiasi, pemerintah daerah dan seumlah perusahaan besar di Indonesia untuk implementasi teknologi GEN-AC chatbot untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas komunikasinya ke pasar.

"Sebagai pengusaha, kita harus tangguh dalam menghadapi masalah dan, yang lebih penting, menjadikan masalah itu sebagai peluang. Membangun usaha bukan sebuah sprint, tetapi marathon," imbuh Bayu Eka Putra.

Dia menambahkan, kegiatan yang dikemas lewat kunjungan perusahaan seperti ini selain menginspirasi para peserta, juga menekankan pentingnya adopsi teknologi dan inovasi untuk tetap kompetitif dalam lanskap bisnis saat ini.

Yossa menambahkan, pihaknya akan kembali menyelenggarakan kegiatan seperti ini demi memperkuat silaturahmi dengan para pebisnis UMKM sekaligus sharing pengetahuan yang diharapkan berdampak positif bagi ekosistem bisnis di Indonesia.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas