Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Budi Karya Bilang Pengembangan Terminal Leuwipanjang Bandung Arahan Jokowi: Bikin Aman dan Nyaman

Terminal Leuwipanjang dapat menjadi model percontohan bagi daerah lain dalam mengembangkan terminal yang modern dan berorientasi pada pelayanan.

Penulis: Nitis Hawaroh
Editor: Seno Tri Sulistiyono
zoom-in Budi Karya Bilang Pengembangan Terminal Leuwipanjang Bandung Arahan Jokowi: Bikin Aman dan Nyaman
HO
Menhub Budi Karya Sumadi saat mengunjungi Terminal Leuwipanjang, Bandung Jawa Barat pada Sabtu (28/9/2024). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Nitis Hawaroh

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyatakan, Terminal Leuwipanjang di Bandung Jawa Barat bisa dijadikan contoh sebagai model pengembangan terminal tipe A di Indonesia.

Menhub Budi bilang, keberadaan fasilitas yang lengkap seperti ruang tunggu nyaman, area komersial bahkan panggung pertunjukan menjadikan terminal ini tidak hanya sebagai pusat transportasi melainkan pusat aktivitas masyarakat.

"Terminal Leuwipanjang dapat menjadi model percontohan bagi daerah lain dalam mengembangkan terminal yang modern dan berorientasi pada pelayanan masyarakat. Ke depan, kami akan terus berupaya meningkatkan konektivitas antar moda transportasi dan mengintegrasikan berbagai layanan publik di terminal," kata Menhub Budi dalam keterangannya, Minggu (29/9/2024).

Baca juga: Menhub Budi Karya Tegaskan Transportasi Udara Jadi Peran Kunci Ekonomi Bangsa

Menhub Budi mengklaim bahwa tampilan Terminal Leuwipanjang yang bersih, rapi hingga nyaman untuk masyarakat berkat arahan dari Presiden RI Joko Widodo untuk menghilangkan stigma negatif soal terminal bus.

"Presiden memberi arahan kepada kami, buatlah terminal yang aman dan nyaman, jangan jadi tempat yang menakutkan, orang takut datang, kalau datang punya masalah dan sebagainya," ucap dia.

"Di Terminal Leuwipanjang saya lihat bagus, dingin, gembira, digitalisasi, jauh dengan apa yang digambarkan selama ini," imbuhnya menegaskan.

BERITA REKOMENDASI

Selain itu, Menhub Budi mengapresiasi keberhasilan implementasi sistem digitalisasi di Terminal Leuwipanjang. Sebab dengan adanya sistem pembelian tiket online dan integrasi dengan layanan Samsat, masyarakat dapat melakukan berbagai transaksi dengan mudah dan efisien.

"Digitalisasi telah mengubah wajah transportasi publik. Masyarakat kini dapat menikmati perjalanan yang lebih nyaman dan praktis. Kami akan terus mendorong pengembangan sistem serupa di terminal-terminal lainnya di seluruh Indonesia," tegas Menhub Budi.

 

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas