Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Bidik Potensi 15 BBTUD di Sulawesi, PGN Tandatangani 2 MoU Soal Pemanfaatan Gas Bumi Industri

PGN subholding Gas Pertamina membidik potensi 15 BBTUD di wilayah Sulawes dengan menandatangani 2 MoU mengenai pemanfaatan gas bumi industri.

Editor: Content Writer
zoom-in Bidik Potensi 15 BBTUD di Sulawesi, PGN Tandatangani 2 MoU Soal Pemanfaatan Gas Bumi Industri
Istimewa
PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) selaku Subholding Gas Pertamina (Persero) menandatangani dua Memorandum of Understanding (MoU) tentang potensi pengembangan pemanfaatan gas bumi di wilayah Sulawesi Selatan, Jumat (4/10/2024). 

TRIBUNNEWS.COM - PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) selaku Subholding Gas Pertamina (Persero) membidik potensi pengembangan gas bumi untuk sektor industri sebesar 15 BBTUD di wilayah Sulawesi. 

Oleh karena itu sebagai bagian dari upaya untuk mencapai potensi tersebut, PGN menandatangani dua Memorandum of Understanding (MOU) mengenai potensi pengembangan pemanfaatan gas bumi di Sulawesi Selatan, Jumat (4/10/2024). 

Pertama, PGN menandatangani MoU bersama KSO Indogawa serta Siantar Tara Sejati untuk memenuhi gas bumi sebagai pembangkit listrik di Sulawesi Selatan. Adapun potensi pasokan gas bumi untuk kebutuhan tersebut sebesar 5 BBTUD.

Selanjutnya, PGN menandatangani MoU dengan Kawasan Industri Pattene. Kawasan Industri Pattene yang memiliki luas kurang lebih 1.000 hektar serta sekitar 50 tenant industri. Dengan demikian, kerja sama ini menjadi lokasi strategis untuk memperluas penetrasi pasar PGN. 

Baca juga: PGN Agresif Kembangkan Market Gas Bumi di Indonesia Timur

Kedepannya jumlah tenant di kawasan industri tersebut semakin bertambah, sehingga potensi penyerapan gas bumi juga akan meningkat.

“PGN berupaya menjadikan kolaborasi sebagai sinergi yang bermanfaat bagi pengembangan industri dan perekonomian daerah. Diharapkan, seluruh pihak dapat segera menindaklanjuti agar menjadi kerja sama yang konkrit di mana gas bumi dapat menjadi salah satu daya tarik investasi,” ujar Direktur Komersial PGN Ratih Esti Prihatini.

Ratih mengatakan, PGN berkomitmen untuk menjaga ketersediaan pasokan gas bumi sehingga bisa dimanfaatkan secara optimal. Sebagai agregator gas bumi nasional, PGN menyediakan layanan gas pipa, LNG maupun CNG sehingga bentuk penyaluran gas bumi dapat dilakukan sesuai dengan kebutuhan. 

BERITA REKOMENDASI

“Kerja sama ini bernilai lagi PGN yang saat ini tengah mengembangkan market di Sulawesi. Di samping itu, PGN ingin penggunaan gas bumi di dalam bauran energi bersih semakin terutama di wilayah Indonesia Tengah dan Timur. Melalui komitmen ini, PGN berharap menyumbang pengurangan emisi karbon di masa transisi energi,” tutup Ratih.

Baca juga: PGN Dukung Akselerasi Pemanfaatan Pipa Cisem Tahap II Guna Tumbuhkan Investasi

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas