Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Virus Corona

Membangun dan Memelihara Sistem Imun Tubuh dengan Probiotik untuk Lawan Virus Covid-19

Merawat mikroba jauh lebih bermanfaat dibandingkan dengan menghancurkan mikroba jahat

Membangun dan Memelihara Sistem Imun Tubuh dengan Probiotik untuk Lawan Virus Covid-19
kompas
ILustrasin virus corona 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Untuk sehat, seseorang perlu berolahraga, istirahat yang cukup dan memenuhi asupan pangan yang cukup serta seimbang.

Ketiga hal tersebut pun belum memadai, jika daya tahan tubuh (imunitas) melemah, guna meningkatkan imunitas dibutuhkan saluran pencernaan yang baik.

Saat ini masyarakat global sedang berhadapan dengan serangan Corona Virus Covid-19, dan sangat berbahaya jika manusia tidak memiliki daya tahan tubuh yang maksimal.

Presdir PT Agro Mitra Alimentare (AMA), Ge Recta Geson mengatakan Badan Kesehatan Dunia (WHO) COVID-19 mungkin tidak akan pernah hilang dan penduduk Bumi harus belajar untuk hidup damai dengannya.

Menurut Recta, salah satu cara untuk hidup berdamai dengan virus termasuk COVID-19 dan semua patogen adalah dengan membangun pertahanan dari dalam tubuh yaitu sistem imun.

“Mikrobiota yang ada dalam saluran cerna akan menstimulasi sel limfatik pada usus untuk memproduksi 70-80% imun yang beredar dalam tubuh," kata Recta, saat konferensi pers “Membangun dan Memelihara Sistem Imun Tubuh dengan Probiotik untuk Melawan Virus dan Patogen lain secara daring,  Jumat (15/5/2020).

Baca: Ada Komunikasi Antara Mikroba Usus dan Otak Anak

Mikrobiota memodulasi dan mengedukasi imun yang diproduksi dalam gut.

"Pada gilirannya imun yang optimum ini akan mengendalikan mikrobiota dalam seluruh organ sehingga kita bisa terhindar dari segala macam penyakit,” kata

Senada, Prof Subijanto Marto Sudarmo, Guru Besar FK-Unair mengatakan,  merawat mikroba jauh lebih bermanfaat dibandingkan dengan menghancurkan mikroba jahat.

"Kita tidak bisa hidup tanpa mikroba, karena jika kita membersihkan mikroba maka kita akan lemah dan tidak bisa hidup menjadi manusia," ujar Subijanto yang juga pakar probiotik.

Halaman
12
Ikuti kami di
Editor: Eko Sutriyanto
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas