Tribun

Virus Corona

Warga Jakarta Diimbau Tak ke Jabar, Ridwan Kamil Sebut akan Terapkan Sanksi jika Imbauan Tak Mempan

Pemprov Jabar mengimbau warga Jakarta untuk tidak berpergian ke Jabar. Ridwan Kamil memastikan akan menerapkan sanksi jika imbauan belum cukup.

Warga Jakarta Diimbau Tak ke Jabar, Ridwan Kamil Sebut akan Terapkan Sanksi jika Imbauan Tak Mempan
dok. Kementan
Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil. 

TRIBUNNEWS.COM - Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Jabar) mengimbau warga Jakarta untuk tidak dulu berpergian ke wilayah Jabar jika tidak ada keperluan yang mendesak.

Imbauan tersebut berlaku selama 14 hari masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, mengatakan imbauan diserukan untuk membatasi pergerakan orang dari luar Jabar demi menekan penyebaran virus corona (Covid-19).

Ridwan Kamil yang akrab disapa Emil menuturkan, imbauan tersebut akan dievaluasi selama tujuh hari untuk memperhitungkan apakah imbauan cukup untuk menurunkan tingkat pergerakan masyarakat.

"Kita akan melihat imbauan ini berpengaruh nggak di akhir pekan. Nah itu dari trafik statistiknya kelihatan," tutur Emil dalam wawancaranya yang diunggah di kanal YouTube Kompas TV, Sabtu (19/9/2020).

Baca: Jakarta PSBB, Ridwan Kamil Terapkan PSBM unntuk Bogor, Depok, dan Bekasi

Menurut Emil, jika masyarakat tak mempan diberi imbauan maka pihaknya akan mengambil tindakan tegas.

Namun, ia berharap, dengan imbauan yang telah diserukan, masyarakat mampu menahan diri selama 14 hari dan masyarakat Jabodetabek dapat mengurangi kegiatan non essential.

"Kalau ternyata imbauan tidak cukup dan kasus masih meningkat ya mohon maaf nanti ada pembatasan di perbatasan, nanti dilakukan hal-hal yang sifatnya razia dan lain sebagainya, tapi itu opsi kedua," kata Emil.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil - Ridwan Kamil akan memberlakukan denda sebesar Rp 150 ribu bagi warga yang tidak memakai masker.
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil - Ridwan Kamil akan memberlakukan denda sebesar Rp 150 ribu bagi warga yang tidak memakai masker. (Humas Pemprov Jabar)

Emil menambahkan, pihaknya telah merumuskan sanksi yang akan diterapkan apabila warga tak mematuhi imbauan yang telah diserukan.

Menurutnya, ada 15 kategori dalam pemberlakuan sanksi. 

Halaman
123
Ikuti kami di
Penulis: Widyadewi Metta Adya Irani
Editor: Garudea Prabawati
Sumber: TribunSolo.com
  Loading comments...
© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas