Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Varian Baru Covid-19 Masuk ke Indonesia Lewat Dua TKW Asal Karawang, Satgas Bentuk 2 Tim Khusus

Termasuk jika tidak menerapkan 5M seperti Mencuci tangan, Memakai masker, Menjaga jarak minimal 2 meter, Membatasi mobilitas

Editor: Hendra Gunawan
zoom-in Varian Baru Covid-19 Masuk ke Indonesia Lewat Dua TKW Asal Karawang, Satgas Bentuk 2 Tim Khusus
Tribunnews/JEPRIMA
Ilustrasi: Tenaga kesehatan saat menunjukkan sampel tes usap antigen COVID-19 di Sekretariat Pewarta Foto Indonesia (PFI) Pusat di kawasan Ampera, Jakarta Selatan, Minggu (14/2/2021). Dalam rangka memperingati Hari Pers Nasional (HPN), PFI Pusat bekerja sama dengan Pagar Nusa menggelar tes usap antigen COVID-19 gratis bagi pewarta foto dan warga sekitar untuk mencegah penyebaran dan penularan COVID-19. Tribunnews/Jeprima 

TRIBUNNEWS.COM, KARAWANG - Varian baru Covid-19 ditemukan pada dua orang Tenaga Kerja Wanita (TKW) asal Karawang.

Varian baru tersebut adalah jenis virus corona asal Inggris atau biasa disebut B117.

Dua tim khusus dibentuk Satgas Penanganan Covid-19 Karawang atas temuan dua Pekerja Migran Indonesia (PMI) atau Tenaga Kerja Wanita (TKW) asal Karawang yang terpapar virus corona varian baru asal Inggris atau varian B117.

"Sudah kita buat dua tim khusus karena adanya temuan ini," kata Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Karawang, Fitra Hergyana kepada Tribun Jabar, Rabu (3/3/2021).

Fitra mengatakan, sesuai dengan arahan Kementerian Kesehatan.

Baca juga: Setelah Tiga Kali Swab PCR, Arsy Hermansyah Akhirnya Negatif Covid-19, Gembira Peluk Anang

Kendati M (41) warga Kecamatan Lemahabang dan A (45) asal Kecamatan Pedes sudah dinyatakan negatif Covid-19 varian B117, sebagai antisipasi pencegahan dilakukan tracing dan testing.

"Jadi tetap dilakukan tracing dan testing kepada mereka yang berinteraksi dengan keduanya. Terutama pada keluarga," katanya.

BERITA TERKAIT

Dikatakan Fitra, testing dilakukan dengan cara Swab PCR secara langsung kepada kerabat M dan A oleh dua tim khusus tersebut.

Baca juga: Kapolda Metero Sebut Warga Kampung Tangguh Jaya Tak Perlu ke Puskesmas Untuk Swab Antigen

Kemudian, setelah hasil PCR keluar. Satgas Penanganan Covid-19 Karawang akan lansung mengirimkan sampel-sampelnya mereka ke Balitbang Kemenkes l untuk dilakukan whole genome sequencing.

"Sequencing genome tersebut dilakukan untuk mengetahui kepastian gen-nya. Jadi ada pemeriksaan lebih dalam," katanya.

Sebelumnya wamenkes Dante Saksono Harbuwono mengungkap dari 462 kasus yang sudah diperiksa di nusantara, ternyata ada dua kasus.

"Pandemi membuat kita dalam tingkat kesulitan yang sangat berat. Refleksi tersebut membuat tantangan kita untuk membuat tantangan untuk membuat riset lebih cepat dan model penanganan lebih baik dan studi epidemiologi karena mutasi," kata Dante.

Varian Baru

Bertepatan satu tahun pandemi Covid-19 di Indonesia, Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono mengumumkan bahwa pemerintah menemukan mutasi baru virus Corona atau B117 di Indonesia asal Inggris.

Baca juga: Rajin Jalani Swab PCR, Ashanty Positif Covid-19, Aurel Hermansyah, Azriel, hingga Arsy juga Terpapar

Halaman
1234
Sumber: Tribun Jabar
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas