Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Penanganan Covid

Tidak Semua Penyintas Covid-19 Bisa Donorkan Plasma Konvalesen, Ini Syarat Utamanya

Plasma konvalesen bisa didonorkan oleh mereka yang menjadi penyintas atau dinyatakan sembuh dari covid. Apakah semua penyintas bisa mendonorkan?

Tidak Semua Penyintas Covid-19 Bisa Donorkan Plasma Konvalesen, Ini Syarat Utamanya
Surya/Ahmad Zaimul Haq
Pendonor menjalani donor plasma konvalesen di Unit Tranfusi Darah Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Surabaya, Jawa Timur, Selasa (16/2/2021). Kebutuhan plasma konvalesen meningkat hingga 200 kantong per hari, oleh karenanya diharapkan penyintas Covid-19 bersedia mendonorkan plasmanya untuk membantu penanganan pasien Covid-19 yang masih dirawat. Surya/Ahmad Zaimul Haq 

Laporan Wartawan Tribunnews, Fitri Wulandari

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Plasma konvalesen bisa didonorkan oleh mereka yang menjadi penyintas atau dinyatakan sembuh dari virus corona (Covid-19).

Lalu apakah semua penyintas Covid-19 boleh mendonorkan plasma konvalesen ?

Ketua Bidang Unit Donor Darah (UDD) Palang Merah Indonesia (PMI) Pusat dr. Linda Lukitari Waseso mengatakan bahwa tidak semua penyintas dapat mendonorkan plasmanya.

Baca juga: Donor Plasma Konvalesen, Solidaritas Penyintas, Menjadi Penyelamat

Baca juga: Tips Puasa yang Menyehatkan Selama Pandemi Covid-19, Perhatikan Penyusunan Menu Sahur dan Buka Puasa

Meskipun dalam tubuh semua penyintas Covid-19 tentunya akan terbentuk antibodi terhadap virus tersebut.

Hal itu karena pihak PMI akan memeriksa terlebih dahulu titer antibodi dari penyintas tersebut apakah memiliki titer antibodi serum spesifik IgG anti SARS-CoV-2 lebih dari 1:320.

Ketua Bidang Unit Donor Darah (UDD) Palang Merah Indonesia (PMI) Pusat dr. Linda Lukitari Waseso, dalam webinar bertajuk 'Yuk, Donor Plasma!' yang digelar Sinar Mas, PMI dan PlasmaHero.ID, Kamis (15/4/2021).
Ketua Bidang Unit Donor Darah (UDD) Palang Merah Indonesia (PMI) Pusat dr. Linda Lukitari Waseso, dalam webinar bertajuk 'Yuk, Donor Plasma!' yang digelar Sinar Mas, PMI dan PlasmaHero.ID, Kamis (15/4/2021). (capture zoom meeting)

Sesuai dengan syarat dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

"Untuk diketahui, setiap penyintas itu pasti akan terbentuk antibodi. Tapi apakah semuanya bisa (mendonorkan)? Tidak bisa, karena kita memeriksakan titer antibodi yang sudah dipersyaratkan oleh Badan POM, yaitu 1 banding 320," ujar dr Linda, dalam webinar bertajuk 'Yuk, Donor Plasma!' yang digelar Sinar Mas, PMI dan PlasmaHero.ID, Kamis (15/4/2021).

Oleh karena itu, PMI biasanya mengambil pendonor dari para penyintas penyintas yang menjalani perawatan Covid-19 di rumah sakit.

Karena tentunya riwayat penyakit itu dapat diverifikasi melalui bukti dari rumah sakit yang menunjukkan bahwa mereka dirawat karena memang positif terinfeksi Covid-19.

Baca juga: Mengenal Plasma Konvalesen, Siapa yang Bisa Mendonorkannya?

Baca juga: Cerita Doni Monardo Pertama Kali Jalani Donor Plasma Konvalesen

Halaman
12
Ikuti kami di
Penulis: Fitri Wulandari
Editor: Anita K Wardhani
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas